PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELODOKO KECAMATAN AMPEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Susilo, Joko (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELODOKO KECAMATAN AMPEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (438Kb) | Preview

    Abstract

    Joko Susilo PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURANGKAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELODOKO KECAMATAN AMPEL BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2012. Tujuan Penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengurangkan bilangan bulat melalui garis bilangan pada siswa kelas V SD Negeri I Selodoko Tahun 2011/2012. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengurangkan bilangan bulat, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah garis bilangan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi), refleksi (reflecting). Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN I Selodoko. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model deskriptif interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, ada peningkatan kemampuan mengurangkan bilangan bulat dan peningkatan keaktifan siswa setelah diadakan tindakan kelas menggunakan garis bilangan. Pada siklus I dan II materi operasi hitung mengurangkan bilangan bulat yang meliputi empat macam indikator yang ingin dicapai, rata-rata nilai kelas sebelum tindakan 57,73 meningkat menjadi 69,26 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82.79. Ketuntasan hasil belajar yang semula 41.17% meningkat menjadi 70.58% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 94.12% dengan KKM 62. Sedangkan rata-rata penilaian aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,25 dan pada siklus II meningkat manjadi 3,25. Dengan demikian dapat diajukan suatu kesimpulan bahwa pembelajaran mengurangkan bilangan bulat melalui garis bilangan dapat meningkatkan kemampuan mengurangkan bilangan bulat pada siswa kelas V SDN I Selodoko Kec. Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012 Joko Susilo IMPROVING THE ABILITY OF SUBTRACTING THE INTEGERS THROUGH THE NUMBER LINE TO THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SDN 1 SELODOKO , AMPEL, BOYOLALI IN THE ACADEMIC YEAR 2011/2012, Thesis. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, March 2012. The research objective of this research is to improve the ability of subtracting the integers through the number line to the fifth grade Students of SDN 1 Selodoko. The variables of changing target in this research are: the ability of subtracting the integers, while the measure variable used in this research is the number line. The research method was classroom action research using cycle model. Each cycle consists of four stages: planning , acting, observation, reflecting. The research subject was the fifth grade students of SDN I Selodoko. The Data collection was observation, documentation and testing. The technique Analysis used descriptive interactive models that consists of three components: analysis the data reduction, data presentation and drawing the conclusion or verification. Based on the reseach results, it can be concluded that there is an increased ability to subtract the integers and an increased activity after the students held the class action using the number line. In cycle I and II the materials of subtracting integer arithmetic operations which includes four kinds of indicators to be achieved, the average value before class action was 57.73 increased to 69.26 in the first cycle and the second cycle increased to 82.79. Mastery of learning outcomes is 41.17% increased to 70.58% in the first cycle and the second cycle increased to 94.12% with KKM 62. While the average assessment of student activity in the first cycle was 2.25 and the second cycle increased to 3.25. Thus it can be concluded that learning subtracting integers through number line can enhance the ability of subtracting the integers to the fifth grade students of SDN I Selodoko, Ampel, Boyolali in the academic Year 2011/2012

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:06
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13632

    Actions (login required)

    View Item