PENERAPAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BOLONG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013

CARITO, ROHIM (2012) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL ) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BOLONG KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual), kreativitas dalam pembelajaran matematika, SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual), creativity mathematicslearning ) - Published Version
Download (269Kb) | Preview

    Abstract

    The aim of this research is increase creativity matematics learning in the wake of the volume to the 5 thgrade student of SD Negeri 02 Bolong karanganayr regency with SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual) aplication approach. The form of this research is class action research role in two cycles. Each cycle consists of four stages, planning, action, observation and reflection. The subjects were students of class V SD Negeri 02 Bolong totaling 16 students. Data collection techniques used are documentation, interviews and observations. The data analysis technique used is interactive analysis model consists of four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. Test the validity of the data used in this research is content validity, triangulation of data and triangulation methods. Based on these results it can be concluded that the application of the approach SAVI (Somatic Auditory Visual Intelectual) can increase students creativity in learning mathematics geometrical volume of material. Such improvements can be evidenced by the increasing value of the creativity of students in mathematics learning materials geometrical volume cubes and blocks in each cycle. Before action (initial conditions) the average value of the creativity of students in learning mathematics with only 1.23 percent of students who achieve the classical completeness value creativity more or equal to the category of medium (1.6 to 2.4) by 25% (4 students). In I cycle the average value of the creativity of students in learning mathematics at 1.73 with classical completeness percentage of students who achieve value creativity more or the same category (1.6 to 2.4) by 63% (10 students). And the second cycle of the average value of the creativity of students in learning mathematics at 2.24 with classical completeness percentage of students who achieved greater than or equal value of creativity by category (1.6 to 2.4) by 81% (13 students). Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 02 Bolong Kabupaten Karanganyar melalui pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelektual). Bentukpenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Bolong yang berjumlah16 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancaradanobservasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi, triangulasi data dan triangulasi metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SAVI (Somatis Auditori Visual Intelekrual) dapat meningkatkan krativitas siswa dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok pada setiap siklusnya. Sebelum tindakan (kondisi awal) nilai rata-rata kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika hanya 1,23 dengan persentase ketuntasan klasikal siswa yang mencapai nilai kreativitas lebih atau sama dengan kategori sedang (1,6 2,4) sebesar25% (4 siswa). Pada siklus I nilai rata-rata kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 1,73 dengan persentase ketuntasan klasikal siswa yang mencapai nilai kreativitas lebih atau sama dengan kategori sedang (1,6 2,4) sebesar 63% (10 siswa). Dan siklus II nilai rata-rata kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 2,24 dengan persentase ketuntasan klasikal siswa yang mencapai nilai kreativitas lebih atau sama dengan kategori sedang (1,6 2,4) sebesar 81% (13 siswa).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 19:03
    Last Modified: 26 Apr 2014 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13630

    Actions (login required)

    View Item