PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PEMANFAATANNYA

Pramono, Hasan Adiq (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PEMANFAATANNYA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (713Kb) | Preview

    Abstract

    Hasan Adiq Pramono, K5408031. “PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN PEMANFAATANNYA”. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar geografi siswa pada penggunaan metode pembelajaran Jigsaw dibandingkan dengan metode ceramah tanya jawab (konvensional) pada kompetensi dasar “Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya” di kelas XI IPS. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Jigsaw lebih efektif diterapkan dibandingkan penggunaan metode pembelajaran ceramah tanya jawab (konvensional) pada kompetensi dasar “Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya” di kelas XI IPS di SMA Negeri Kebakkramat tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan cara teknik acak sederhana. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Teknik pengunpulan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda dan tes uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Uji-t pada taraf signifikasi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dalam pembelajaran IPS Geografi antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw dengan metode ceramah tanya jawab pada kompetensi dasar “Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya” kelas XI SMA Negeri Kebakkramat (2) penggunaan metode pembelajaran Jigsaw lebih efektif digunakan daripada penggunaan metode pembelajaran ceramah tanya jawab dilihat dari hasil belajar siswa pada kompetensi dasar “Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya” pada siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat dengan sebesar 3,478 sedangkan sebesar 1,67 sehingga ditolak karena > . Kata Kunci : Pembelajaran, metode pembelajaran Jigsaw, hasil belajar Hasan Adiq Pramono, K5408031. THE EFFECT OF JIGSAW LEARNING METHOD TO THE GEOGRAPHY ACHIEVEMENT OF CLASS XI IN NATURAL RESOURCES AND UTILIZATION SUBJECT”. Thesis. Surakarta. Teacher Training and Educational Sciences Faculty, Sebelas Maret University, in May 2013. The purposes of this study was to determine: (1) Differences of students’ geography achievement in the use of Jigsaw learning methods compared with the questioning lecture method (conventional) on the basis competence of “Natural Resources and Utilization” in class XI IPS. (2) To determine whether the application of the Jigsaw learning method is more effective than the use of learning applied questioning lectures methods (conventional) in the basic competencies of “Natural Resources and Utilization“ in class XI IPS SMA Negeri Kebakkramat in the academic year of 2012/2013. This study uses experimental research. The population is all of students class XI IPS SMA Negeri Kebakkramat in academic year of 2012/2013. Samples collected by simple random technique. Selected sample is class XI IPS 1 and class XI IPS 2. Data collection techniques of student’s achievement using test techniques in an form of objective multiple-choice tests and descriptions test. The data analysis technique used the t-test analysis at significance level of 5%. The research results showed that (1) there is significant difference in students’ Geography learning achievement who are taught Jigsaw using learning methods and with questioning lecture method on the basis competence of “Natural Resources and Utilization” in class XI SMA Negeri Kebakkramat (2) the use of Jigsaw learning method is more effective than the use of questioning lecture method viewed from student’s achievement on basic competencies “Natural Resources and Utilization” in class XI SMA Negeri Kebakkramat with Tcount of 3,478 while the Ttable of 1.67 so that H0 are rejected because tcount > ttable. Key words : Instructional, Jigsaw learning methods,archievement.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:56
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13617

    Actions (login required)

    View Item