Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Experiental Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar)

Mahfud, Hasan and Poerwanti, Jenny I.S and Sadiman, (2012) Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Experiental Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa-siswa sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, dengan experiental learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata nilai keterampilan sosial pada siklus I 62.01 dan 72.52 pada siklus II. Nilai persentasi penguasaan secara klasikal keterampilan sosial siswa adalah 40% pada siklus I dan 85.85% pada siklus II. Dari hasil paenelitian tersebut disimpulkan: 1) Model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan experiental learning, dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Model pembelajaran untuk memeperbaiki keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS adalah dengan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan experiental learning.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:53
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13613

    Actions (login required)

    View Item