PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BADAN USAHA MILIK NEGARA

ALFATHYANTI, ARDIAN (2013) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BADAN USAHA MILIK NEGARA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF ( corporate governance, kepemilikan saham publik, ukuran dewan direksi, aktifitas rapat dewan komisaris, proporsi dean komisaris independen, cash flow return on assets) - Published Version
Download (194Kb) | Preview

    Abstract

    Kinerja keuangan merupakan ukuran keberhasilan atas pelaksanaan fungsi-fungsi keuangan. Untuk menilai kinerja perusahaan, maka dilakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan. Tujuan dari menganalisis laporan keuangan perusahaan, yaitu untuk menilai atau mengevaluasi suatu kinerja khususnya manajemen perusahaan dalam suatu periode akuntansi, serta menentukan strategi apa yang harus diterapkan pada periode berikutnya jika tujuan perusahaan sebelumnya telah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Governance terhadap kinerja keuangan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Corporate Governance dapat diidentifikasikan dengan kepemilikan saham publik, ukuran dewan direksi, aktivitas rapat dewan komisaris, dan proporsi dewan komisaris independen. Penelitian ini juga menggunakan ukuran perusahaan dan leverage sebagai variable control. Kinerja keuangan diukur dengan menggunakan CFROA (Cash Flow Return on Asset). Sample penelitian ini diambil dari 34 Badan Usaha Milik Negara Indonesia tahun 2009, 2010 dan 2011 yang terdaftar maupun tidak terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan tes hipotesis statistik deskriptif, regresi berganda dan uji asumsi klasik. Hasil dari regresi berganda menunjukkan bahwa kepemilikan saham publik berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Masih rendahnya kinerja keuangan menunjukkan kurangnya penerapan prinsip tata kelola perusahaan (Corporate Governance) oleh Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Masih dominannya peran dan campur tangan pemerintah dalam manajemen perusahaan Badan Usaha Milik Negara, menyebabkan pihak manajemen perusahaan Badan Usaha Milik Negara merasa tidak mempunyai tekanan cukup besar yang dihadapi perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:51
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13612

    Actions (login required)

    View Item