Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Chumdari, and Sukarno, Kartono (2012) Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Pendidikan karakter memang sudah digulirkan dan bahkan sudah disosialisasikan pada tingkat sekolah-sekolah. Namun demikian implementasi pendidikan karakter pada peserta didik masih diperlukan perangkat pembelajaran pendukung yang memadai meliputi silabi, rencana pembelajaran, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Permasalahan yang dihadapi para Guru SD dalam mengimplementasikan pendidikan karakter adalah kesulitan mereka mengembangkan rumusan descriptor penilaian karakter pada peserta didik. Selama ini guru SD hanya terbiasa mengembangkan instrumen penilaian kognitif. Unsur-unsur yang dirumuskan oleh Departemen Pendidikan Nasional dalam implementasi pendidikan karakter hanya berkisar pada (1) diskripsi, (2) indikator sekolah, dan (3) indikator kelas secara umum. Sebagai contoh nilai karakter jujur dideskripsikan (perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan); indikator sekolah (menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang, tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala, menyediakan kantin kejujuran, menyediakan kotak saran dan pengaduan, dan larangan membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian). Untuk itu perlu dikembangkan deskriptor penilaian karakter bagi peserta didik Sekolah Dasar sesuai dengan karakteristik anak usia Sekolah Dasar. Dengan dikembangkannya instrumen penilaian karakter bagi peserta didik SD akan dapat memudahkan guru-guru SD melakukan evaluasi pendidkan karakter dan pada gilirannya implementasi pendidikan karakter bagi peserta didik SD dapat berlangsung guna mendukung terwujudnya tujuan pendidikan nasional. Dari penelitian ini telah tersusun instrument penilaian pendidikan karakter yang terdiri atas : (1) Lembar Pengamatan, yang dilaksanakan oleh Guru Kelas, dan dapat juga bekerja sama dengan Guru Olah Raga dan Guru Agama. (2) Angket oleh siswa, yang diisi oleh siswa, dan (3) Angket untuk orng tua siswa. Lembar Pengamatan dan Angket untuk siswa masing-masing terdiri atas 80 butir pertanyaan. Angket untuk orang tua terdiri atas 40 butir pertanyaan. Intrumen tersebut memenuhi validitas isi, karena dikembangkan berdasarkan indikator yang ada dan digunaka kisi-kisi. Sedangkan validitas empirisnya tellah dilakukan uji ahli dan uji validitas serta uji reliabilitas pertanyaan. Dari hasil uji tersebut dinyatakan valid dan reliable. Dengan demikian instrument tersebut layak untuk digunakan untuk mengukur nilai-nilai karakter siswa di Sekolah Dasar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:47
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13601

    Actions (login required)

    View Item