MODEL PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN (MPPGB)

Hidayatullah, M. Furqon and Sajidan, and Djono, Djono (2012) MODEL PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU BERKELANJUTAN (MPPGB). .

[img] Rich Text (RTF) - Published Version
Download (54Kb)

    Abstract

    Terdapat persoalan penting yang perlu diantaisipasi dalam peningkatan mutu profesionalisme guru yang diselenggarakan melalui program sertifikasi guru, yakni: 1. Perlunya guru meningkatkan kinerja setelah mendapatkan sertifikasi, sehingga tujuan dari sertifikasi guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dapat benar-benar tercapai 2. Kontrol dan pengawasan terhadapkinerja guru pasca sertifikasi ini harus dapat benar-benar berjalan dengan optimal 3. Terpenuhinya tuntutan jumlah jam mengajar minimal banyak guru yang mengampu mata pelajaran lain serta semakin sibuknya guru dalam mengajar membuat guru sulit untuk mengembangkan diri dalam perbaikan pembelajaran 4. Belum adanya sistem “resertifikasi” atau sejenisnya, sehingga apakah guru yang telah tersertifikasi dan telah berlangsung beberapa waktu masih layak mengajar atau tidak 5. Dalam masa awal proses pelaksanaan sertifikasi belum adanya sistem pendataan yang baik Dari kondisi di atas harus diupayakan pemberdayaan guru yang berkaitan dengan tugas profesionalitasnya. Model Pembinaan Profesionalisme Guru Berkelanjutan (MPPGB) dapat digunakan sebagai salah satu bentuk pengembangan profesionalisme guru. Dalam penelitian ini Model Pembinaan Profesionalisme Guru Berkelanjutan (MPPGB) yang dirancang berdasarkan data lapangan sebagai basik pengembangannya, pada penelitian tahun pertama ini, dilakukanlangkah eksplorasi untuk mengetahui sejauhmana kualitas serta peningkatan kemampuan profesionalitas guru pasca sertifikasi. Penelitian ini direncanakan dengan sistematis merujuk pada model rancangan instruksional Dick and Carey (1985) yang berorientasi pada pengembangan pengetahuan dan hasil. Model rancangan ini disusun secara berkesinambungan selama tiga tahun berturut-turut, yakni: 1. Sosialisai model Model Pembinaan Profesionalisme Guru Berkelanjutan (MPPGB) kepada guru 2. Penerapan model MPPGB 3. Evaluasi model MPPGB 4. Finalisasi model MPPGB Pada tahun pertama penelitian ini, dilakukan program kegiatan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan, yaitu: 1. Pengembangan Diri, meliputi: (a) mengikuti diklat fungsional; dan (b) melaksanakan kegiatan kolektif guru. 2. Publikasi Ilmiah, meliputi: (a) membuat publikasi ilmiah hasil penelitian; dan (b) membuat publikasi buku 3. Karya Inovatif, meliputi: (a) menemukan teknologi tepat guna, (b) menemukan/menciptakan karya seni; (c) membuat/memodifikasi alat pelajaran; (d) mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:44
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13595

    Actions (login required)

    View Item