ANALISIS KELEMAHAN KOMPETENSI SISWA SMA BERBASIS UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BIOLOGI SERTA ALTERNATIF PEMECAHANNYA BAGI SEKOLAH DAN LPTK

Sajidan, (2012) ANALISIS KELEMAHAN KOMPETENSI SISWA SMA BERBASIS UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BIOLOGI SERTA ALTERNATIF PEMECAHANNYA BAGI SEKOLAH DAN LPTK. .

[img] Rich Text (RTF) - Published Version
Download (45Kb)

    Abstract

    Kata Kunci: kebijakan, kompetensi dasar, peserta didik, Ujian Nasional biologi Kajian tentang ujian nasional (UN) umumnya hanya memfokuskan perhatian mereka pada tingkat kelulusan, nilai tertinggi, nilai terendah dan nilai rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah 1). tersusun pemetaan data base kompetensi dasar yang belum dikuasai oleh peserta didik SMA Negeri dan Swasta di Kota Surakarta untuk Ujian Nasional mata pelajaran Biologi, faktor-faktor penyebab peserta didik belum menguasai kompetensi dasar untuk Ujian Nasional mata pelajaran Biologi, yang terkait dengan 8 Standar Nasional pendidikan. 2).tersusun model inovatif peningkatan mutu pembelajaran mata pelajaran Biologi di Kota Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kebijakan adalah penelitian yang menganalisis masalah-masalah sosial untuk memberikan masukan kepada penentu kebijakan yang berupa rekomendasi yang berorientasi pada tindakan untuk memecahkan masalah. Prosedur yang akan ditempuh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) persiapan, (2) pengumpulan dan analisis data, (3) dan penyusunan konsep kebijakan berupa model inovatif. Hasil bedah SKL dapat dugunakan untuk menganalisis faktor penyebab yang berdasarkan indicator pada Standar Nasional Pendidikan. Penguatan materi dan pembuatan bahan ajar yang baik, pembuatan media pembelajaran dengan sofware inovatif dan proses illustrasi biologi yang jelas, peta konsep sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:40
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13588

    Actions (login required)

    View Item