Optimalisasi Kompetensi Mahasiswa JPOK FKIP UNS Melalui Penguasaan Materi Anatomi Fungsional Olahraga

Ismaryati, and Ekawati, Febriani Fajar and Sarwono, (2012) Optimalisasi Kompetensi Mahasiswa JPOK FKIP UNS Melalui Penguasaan Materi Anatomi Fungsional Olahraga. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Materi dalam pelajaran Anatomi merupakan pengetahuan dasar dalam mempelajari terutama Biomekanika, fisiologi olahraga, dan masase. Oleh karenanya mahasiswa harus menguasai materi pelajaran anatomi agar tidak kesulitan dalam mempelajari ketiga mata kuliah tersebut. Tujuan penelitian tahun pertama adalah: tersusunnya draft awal buku teks anatomi fungsional olahraga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode Research and Development. Prosedur yang dilakukan pada tahun pertama penelitian adalah (1) melakukan studi pendahuluan untuk menemukan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) mengembangkan desain produk. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi simak, dan focus group discussion. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis model interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah materi anatomi untuk menunjang mata kuliah biomekanika olahraga, fisiologi olahraga, dan masase. Mahasiswa perlu mempelajari skeleton dan tulang-tulang pembentuknya, pergerakan tubuh, persendian, sumbu dan bidang gerak, otot, anatomi jantung, anatomi paru, dan anatomi ginjal. Materi tersebut akan dikemas dalam dua buku teks. Buku yang pertama berisi materi (1) dasar-dasar anatomi, (2) sumbu dan bidang gerak, (3) skeleton dan tulang-tulang pembentuknya, dan (4) persendian. Buku ke dua berisi: (1) otot, (2) anatomi jantung, (3) anatomi paru, (4) anatomi ginjal.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:34
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13579

    Actions (login required)

    View Item