(B. Ekonomi) Ipteks Bagi Kewirausahaan (IbK) di Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Universitas Sebelas Maret Surakarta

Triharyanto, Eddy and Susantiningrum, and Hidayat, Yuniawan and Sutrisno, Joko and Andriani, Martina (2012) (B. Ekonomi) Ipteks Bagi Kewirausahaan (IbK) di Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) Universitas Sebelas Maret Surakarta. .

[img] Microsoft Word (kewirausahaan, mahasiswa, tenant, ipteks) - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Program Iptek bagi Kewirausahaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan PPKwu dalam rangka mencetak wirausaha-wirausaha muda dari kalangan mahasiswa. Kegiatan yang bertujuan untuk mendampingi usaha mahasiswa ini telah berlangsung selama dua tahun oleh PPKwu. Pada tahun pertama telah diluluskan 12 orang tenant dan 8 orang tenant yang tersisa masih didampingi agar usaha yang ada dapat semakin berkembang. Kegiatan yang dilakukan pada tahun ke-II terdiri dari recruitment tenant baru dan pendampingan lanjutan tenant tahun pertama. Recruitment tenant baru dilakukan melalui proses sosialisasi dan seleksi, pelatihan kewirausahaan, magang pemasaran, pendampingan rencana pengembangan usaha dan pemberian stimulant modal usaha. Sedangkan pendampingan bagi tenant tahun pertama dilakukan melalui kegiatan berupa pelatihan kewirausahaan lanjut, pembentukan komunitas usaha serta pendampingan dan konsultasi usaha. Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan study visit ke berbagai UKM potensial. Dari hasil pendampingan, usaha tenant mengalami perbaikan kinerja. Perbaikan kinerja yang ada berupa perbaikan manajemen pengelolaan usaha, peningkatan kualitas dan kuantitas usaha, penambahan variasi produk, peningkatan metode pemasaran (internet dan sistem jemput bola), pengintensifan budidaya. Semua perbaikan yang dilakukan berdampak pada peningkatan omzet usaha baik secara langsung maupun tidak langsung.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:35
    Last Modified: 03 May 2014 23:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13578

    Actions (login required)

    View Item