(B. Pendidikan) Prototipe Pembekalan Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Multiaspek, Kolaboratif, dan Sintesis Keunggulan Sumber Belajar – Pengembangan Asesmen Pembelajaran

Kristiyanto, Agus (2012) (B. Pendidikan) Prototipe Pembekalan Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Multiaspek, Kolaboratif, dan Sintesis Keunggulan Sumber Belajar – Pengembangan Asesmen Pembelajaran. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk melanjutkan capaian tujuan penelitian tahun-tahun sebelumnya. Fokus tujuan lebih mengarah pada pengembangan asesmen :(1) pengembangan asesmen pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan efektif (2) perbaikan arah kebijakan institusional terkait dengan cara-cara pembekalan kompetensi mengajar pendidikan jasmani, terkait dengan asesmen pembelajaran penjas; (3) pengembangan substansi Matakuliah Pengajaran Mikro pendidikan jasmani yang lebih komprehensif dalam asesmen (4) peningkatan pengakuan iklim kepakaran dari peers, (5) Pemetaan jejaring institusi mitra terutama pada tataran institusi pengguna atau stakeholder yang memiliki keunggulan dalam inovasi pembelajaran pendidikan jasmani. Kegiatan penelitian merupakan kegiatan penelitian sebagai kelanjutan Hikom Tahun ke-1 dan Tahun ke-2. Penelitian Tahun ke-3 ini menerapkan metode kombinasi (combine method) dari berbagai pendekatan. Pendekatan yang digunakan meliputi: Studi Kepustakaan, Survey Deskriptif, Focus Groups Disccusion (FGD), Riset Aksi, Indepth Interview, Angket serta tahap-tahap tertentu dari sebuah penelitian tentang Analisis Kebijakan, khususnya analisis kebijakan institusional terkait dengan model pembekalan kompetensi pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder) dengan pengajaran mikro (microteaching) pendidikan jasmani dan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah mitra. Proses penyusunan prototipe asesmen, di samping menghasilkan cara dan metodik prosedural juga mengarah pada review produk yang berupa buku ajar melalui workshop yang dilakukan oleh kelompok dosen pembimbing PPL. Dari hasil seleksi dan pemfokusan masalah dalam praktek pembelajaran, terutama terkait dengan: (1) Mempersiapkan Rencana Evaluasi/ Assesmen; (2) Melaksanakan Penerapan prosedur Asesmen; (3) Modifikasi bentuk asesmen multi aspek. Beberapa kecenderungan penting yang dapat dikemukakan meliputi hal-hal sebagai berikut : (1) sebagian besar praktikan memiliki kemampuan merencanakan asesmen cukup memadai (kualifikasi cukup); (2) praktikan dalam pelaksanaan cenderung menerapkan evaluasi hasil bukan perpaduan evaluasi proses dan hasil (kualifikasi kurang); (3) asesmen yang diterapkan praktikan cenderung tidak bersifat multi aspek, tetapi banyak mengerucut pada penilaian hasil ranah psikomotor (kualifikasi kurang). Pelaksanaan pembekalan agar lebih efektif, dilakukan dengan cara memaksimalkan latihan penguasaan komponen keterampilan yang dianggap sejak awal oleh mahasiswa calon guru sebagai komponen yang sulit, seperti : memberikan umpan balik, menetapkan metode dan gaya mengajar yang sesuai, membuat variasi dalam PBM, dan melakukan asesmen pembelajaran yang sesuai.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:32
    Last Modified: 03 May 2014 23:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13575

    Actions (login required)

    View Item