PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI MEDIA ANIMASI DAN MODUL ILUSTRATIF

Ceisar A.A, Maulinia (2010) PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI MEDIA ANIMASI DAN MODUL ILUSTRATIF. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (199Kb)

    Abstract

    Media pembelajaran merupakan sarana yang dapat dipakai untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan media animasi dan modul ilustratif terhadap prestasi belajar. Pendekatan pembelajaran yang dipakai dalam penelitian adalah inkuiri terbimbing. Materi pelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah fungi. Dalam penelitian ini populasi yang diambil ialah siswa kelas X SMA Negeri 2 Madiun dan sampel penelitian diambil dengan cara Cluster Random Sampling. Data penelitian mengalami uji normalitas memakai uji Kolmogorov-Smirnov, sedang untuk uji homogenitas digunakan uji Levene. Uji selanjutnya yang dijalankan adalah uji hipotesis dengan Anava dan diakhiri dengan uji lanjut. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media animasi lebih berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa daripada modul ilustratif. Rerata prestasi media animasi adalah 86,05 dan modul ilustratif adalah 72,38.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 861 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 03:02
    Last Modified: 09 Jul 2013 03:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1357

    Actions (login required)

    View Item