(B. MIPA Sains) Pemanfaatan Minyak Sawit dan Limbah Jagung dalam Sintesis Kopolimer Cangkok Poly(Urethane-Urea)– g – Zein (PUU-g-Z) sebagai Biofoam Ramah Lingkungan

Masykuri, Mohammad (2012) (B. MIPA Sains) Pemanfaatan Minyak Sawit dan Limbah Jagung dalam Sintesis Kopolimer Cangkok Poly(Urethane-Urea)– g – Zein (PUU-g-Z) sebagai Biofoam Ramah Lingkungan. .

[img] Microsoft Word (Minyak sawit, limbah jagung, poly(urethane-urea), zein, biofoam.) - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Produk-produk turunan busa (foam) sintetis yang selama ini beredar di pasaran memiliki kelemahan mendasar, yakni sukar terbiodegradasi dan berbahan dasar minyak bumi yang tak terbarukan. Limbah foam sintetis berdampak merusak struktur dan kesuburan tanah karena tidak hancur dalam jangka puluhan tahun. Penelitian ini mengusulkan varian baru biofoam ramah lingkungan dari kopolimer cangkok Poly(urethane-urea)– g – Zein (PUU-g-Z). Biofoam yang dikembangkan memiliki keunggulan dibanding foam konvensional berbahan minyak bumi (styrofoam, polyethylene foam, maupun polypropylene foam) karena bersifat kompa tibel, kuat mekanik tinggi dan ramah lingkungan yakni mudah terdegradasi oleh mikroba tanah. Pemanfaatan bahan berbasis minyak sawit sebagai salah satu komoditas andalan Indonesia dan limbah jagung memberikan nilai tambah terhadap komoditas pertanian sekaligus memberi solusi penanganan limbah pertanian. Penelitian tahun I (2012) bertujuan untuk mengembangkan teknik sintesis zein dan polyurethane, serta mengkonversi menjadi poly(urethane-urea). Pengujian yang dilakukan mencakup struktur kimia (FTIR / NMR) dan berat molekul (Mv). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik sintesis minyak sawit RBDO menjadi polyurethane dpat dilakukan melalui reaksi epoksidasi, pembukaan cincin, reduksi ester, dan polimerisasi. Proses konversi polyurethane menjadi poly(urethane-urea) dapat dilakukan menggunakan metode dua tahap (pre-polymer method).

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:23
    Last Modified: 03 May 2014 23:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13559

    Actions (login required)

    View Item