Pengembangan Profesional Berkelanjutan dengan Model Three In One ( Pendekatan Lesson Study, Pembelajaran Berbasis TIK dan Penelitian Tindakan Kelas) untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi

Indriayu, Mintasih and Harini, and Rahmanto, Andre (2012) Pengembangan Profesional Berkelanjutan dengan Model Three In One ( Pendekatan Lesson Study, Pembelajaran Berbasis TIK dan Penelitian Tindakan Kelas) untuk Meningkatkan Kinerja Guru Pasca Sertifikasi. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dimaksudkan untuk menyediakan suatu konsep pemodelan pengembangan profesional guru yang berkelanjutan dengan model Three In One ( pendekatan lesson study, pembelajaran berbasis TIK dan Penelitian Tindakan Kelas) untuk meningkatkan kinerja guru di wilayah Kota Surakarta. Untuk jangka pendek/tahun I penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan pasca sertifikasi yang telah dilakukan, (2) mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan profesionalisme berkelanjutan pasca sertifikasi, (3) mengidentifikasi kegiatan dari lesson study, pembelajaran yang berbasis TIK dan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru pasca sertifikasi. Pada tahun pertama penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Kota Surakarta dengn informan penelitian tahun pertama adalah guru-guru yang sudah bersertifikasi yang tergabung dalam MGMP tingkat SMP IPS dan SMA Ekonomi, baik Negeri maupun Swasta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan langkah-langkah: (1) Pengumpulan data; (2) Reduksi data; (3) Penyajian data dan (4) Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Identifikasi kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme guru berkelanjutan pasca sertifikasi yang telah dilakukan meliputi kegiatan pengembangan diri yaitu diklat fungsional, kegiatan kolektif guru dan publikasi ilmiah. Meskipun tidak semua kegiatan tersebut dilakukan secara optimal dan berkelanjutan, (2) Permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan profesionalisme berkelanjutan pasca sertifikasi adalah: (a) Guru memerlukan waktu yang lebih untuk melakukan pengembangan diri untuk menjadi guru yang profesional, (b) Terbatasnya sarana dan peralatan pembelajaran untuk melakukan kegiatan belajar mengajar berbasis TIK, (c) Rendahnya penguasaan TIK, (d) Kurangnya penguasaan tentang penulisan karya ilmiah. (3) Identifikasi pelaksanaan Pengembangan Profesionalisme Berkelanjutan dari Pendekatan: (a) lesson study yaitu: bahwa pelaksanaan kegiatan lesson study jarang dilakukan oleh guru karena masih terkendala oleh sulitnya memadukan waktu yang tepat untuk berkolaboratif dengan guru lain, belum memahami tentangpelaksanaan lesson study yang efektif dan efesien, kurangnya jam pelajaran yang memadai dan kurangnya sarana pembelajaran yang memadai, (b) Penelitian Tindakan Kelas, yaitu: Kegiatan ini juga masih jarang dilakukan oleh guru, karena banyak diantara mereka belum memahami tentang Penelitian Tindakan Kelas, terbatasnya pengetahuan tentang penguasaan kerangka teori karena terbatasnya waktu untuk mencari referensi, belum memiliki motivasi untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan belum memahami dalam membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas, (c) Pembelajaran berbasis TIK, yaitu masih banyak guru yang belum menguasai TIK, meskipun sarana komputer dan laptop sudah dimiliki, kurangnya pelatihan pembuatan media pembelajaran yang berbasis TIK dan masih banyak ruang kelas pada setiap sekolah belum ada sarana LCD, sehingga motivasi menggunakan pembelajaran yang berbasis TIK dikalangan guru masih rendah.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:22
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13557

    Actions (login required)

    View Item