Pengembangan Model Asesmen Otentik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar di Kota Surakarta

Indrastoeti, Jenny and Sriyanto, Ismail and Istiyati, Siti and Mulyono, Hadi (2012) Pengembangan Model Asesmen Otentik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar di Kota Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian pengembangan (research and development) ini bertujuan menghasilkan model asesmen autentik dan buku pedoman asesmen mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini dirancang dalam dua tahun. Tahun pertama dilakukan studi lapangan untuk memperoleh pengetahuan (pemahaman) guru tentang asesmen autentik dan penerapannya di Sekolah Dasar. Tindak lanjut dari penelitian ini adalah terwujudnya buku pedoman asesmen autentik Bahasa Indonesia di SD. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dokumen, latihan dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan: pada umumnya guru-guru belum memahami dan belum menerapkan asesmen autentik dengan benar, model asesmen autentik dan buku pedoman asesmen autentik dapat dilanjutkan ke tahap evaluasi selanjutnya, Sebahagian besar guru-guru mengharapkan kegiatan latihan dan pendampingan, dalam merancang dan menerapkan model dalam pembelajaran di SD.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:20
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13548

    Actions (login required)

    View Item