Payung Hukum dalam Program Pemberantasan Penyakit Menular di Lembaga Pemasyarakatan Terkait Kerahasiaan Pasien dan Hak Asasi Manusia

Setiono, (2012) Payung Hukum dalam Program Pemberantasan Penyakit Menular di Lembaga Pemasyarakatan Terkait Kerahasiaan Pasien dan Hak Asasi Manusia. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Kata kunci : Lembaga Pemasyarakatan, HIV/AIDS, warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ketentuan hokum yang melindungi hukum program pemberantasan penyakit menular di Lembaga Pemasyarakatan baik untuk memayungi (melindungi) kegiatannya maupun untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul terkait dengan kerahasiaan pasien dan Hak Asasi Manusia. Penelitian dengan tujuan tersebut di atas dilakukan secara bertahap, yaitu : Tahap Pertama (2012), melakukan eksplorasi, meliputi : ide-ide mengenai kerahasiaan pasien, Hak Asasi Manusia, Pancasila, Convention yang ada, ketentuan hukum yang terkait, jurnal-jurnal nasional dan internasional, diskusi kelompok, menginventarisasi hasil eksplorasi di atas. Metode penelitian yang digunakan : metode penelitian hukum doktrinal untuk mendeskripsikan ide-ide. Metode tersebut juga digunakan untuk mengeksplor peraturan-peraturan yang ada dan menemukan hukum yang berlaku. Metode penelitian hukum non doktrinal dilakukan dengan pendekatan mikro, yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil yang telah dicapai pada tahap pertama (2012) adalah ketentuan hukum program pemberantasan penyakit menular di Lembaga Pemasyarakatan terkait kerahasiaan pasien dan hak asasi manusia, berisi ketentuan yang bersifat pembinaan yang mempunyai ciri preventif, kuratif, rehabilitative. Tahap kedua akan dilakukan penelitian di lapangan yaitu Lembaga Pemasyarakatan untuk mengumpulkan data empiris kehidupan warga binaan yang mengidap penyakit HIV/AIDS, penanganan oleh pejabat yang berkaitan, pejabat Lembaga Pemasyarakatan, pejabat Kementerian Kesehatan, warga Lembaga Pemasyarakatan dan warga masyarakat yang terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:15
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13541

    Actions (login required)

    View Item