ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT PADA OBJEK WISATA CANDI SUKUH KABUPATEN KARANGANYAR

AYUNA, ANGGIT DWI (2013) ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT PADA OBJEK WISATA CANDI SUKUH KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (534Kb) | Preview

    Abstract

    ANALISIS SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT PADA OBJEK WISATA CANDI SUKUH KABUPATEN KARANGANYAR Candi Sukuh merupakan salah satu objek wisata di Karanganyar yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karanganyar. Pemasaran objek wisata Candi Sukuh termasuk dari bagian pemasaran jasa pariwisata. Banyaknya usaha disektor jasa memicu semakin ketatnya persaingan dalam pemasaran pariwisata. Untuk menghadapi persaingan perlu adanya pemilihan strategi yang tepat sehingga objek wisata akan memenangkan persaingan tersebut serta tujuan objek wisata akan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dinas pariwisata selaku pengelola menentukan strategi pemasaran yang tepat pada objek wisata Candi Sukuh Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Untuk teknik wawancara dilakukan pada divisi pemasaran yang langsung bersangkutan dengan masalah yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh strategi pemasaran yang tepat pada objek wisata Candi Sukuh dengan menggunakan analisis SWOT adalah : Diketahui bahwa objek wisata Candi Sukuh berada pada posisi Strength – Opportunity (SO), dimana objek wisata Candi Sukuh berada pada tahap Growth Strategy (Tahap Pertumbuhan ) dengan menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal yang ada. Melakukan Market Development dan ProductDevelopment dalam menentukan segmentasi produknya. Melaksanakan Targeting untuk kedepannya guna mengetahui sasaran calon pengunjung yang tepat. Berdasarkan hasil pembahasan bab sebelumnya diatas saran yang diberikan untuk Dinas Pariwisata selaku pengelola objek wisata Candi Sukuh supaya lebih baik dengan melaksanakan Routine Strategy Change (Strategi Perubahan Rutin) terhadap strategi-strategi yang selama ini dilakukan agar tidak tergusur dengan adanya pesaing-pesaing yang ada. Dan Organization Structure Change (Perubahan Struktur Organisasi) dilakukan guna tercapainya suatu komunikasi yang terintegritas. Kata Kunci : SWOT, Strategi Pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:16
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13533

    Actions (login required)

    View Item