Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes melalui Pendekatan Modifikasi Berbasis Pendidikan Karakter di SMP Kota Surakarta

Riyadi, Slamet and Sukono, and Wijanarko, Bambang (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes melalui Pendekatan Modifikasi Berbasis Pendidikan Karakter di SMP Kota Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: 1) . mengidentifikasi masalah pembelajaran atletik di SMP, 2). mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang mendesak dalam pembelajaran atletik di SMP, 3). mengidentifikasi model pembelajaran penjasorkes khususnya materi atletik yang telah dikembangkan oleh guru selama ini , dan 4). menyusun prototype model pembelajaran penjasorkes dengan pendekatan modifikasi yang dapat menginternalisasikan pendidikan karakter khususnya materi atletik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ( research and development). Subyek penelitian ini adalah guru penjasorkes, siswa dan pengurus MGMP penjasorkes SMP Kota Surakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Pelaksanaan pembelajaran selama ini guru mendominasi pembelajaran dengan menggunakan gaya koman do dengan materi dan sarana yang standar. Berdasarkan persepsi guru dan pakar, nilai -nilai yang dapat dinternalisasikan dalam pembelajaran penjasorkes khususnya materi atletik adalah religius, toleransi, percaya diri, disiplin dan kerjasama. Minat atau ketertarikan siswa dalam mempelajari materi atletik termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil survei awal dan hasil masukan pakar/ahli, maka prototipe model pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan modifikasi yang menginternalisasikan nil ai-nilai karakter meliputi 8 tahap, yaitu: 1). Persiapan 2). Apersepsi, 3). Pemanasan, 4). Penggunaan Media yang dimodifikasi, 5). Penjelasan Teknik Dasar; 6). Praktik, 7). Kompetisi dan 8). Refleksi.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:12
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13531

    Actions (login required)

    View Item