LAYANAN JOGJA LIBRARY FOR ALL (JLA) SEBAGAI JARINGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS INTERNET DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

PURNAMI, PUTRI ISTIKHA (2013) LAYANAN JOGJA LIBRARY FOR ALL (JLA) SEBAGAI JARINGAN PERPUSTAKAAN BERBASIS INTERNET DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2710Kb) | Preview

    Abstract

    Kuliah Kerja PUSDOKINFO yang dilaksanakan di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini untuk memenuhi Tugas Akhir Program Diploma III Perpustakaan FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta 2013. Pelaksanaan Kuliah Kerja PUSDOKINFO ini dilaksanakan tanggal 11 Februari-11 April 2013. Kebutuhan informasi masyarakat pasti beragam dan belum tentu setiap perpustakaan mampu memenuhinya, sehingga Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY melakukan kerjasama dengan perpustakaan se-Daerah Istimewa Yogyakarta dalam bentuk Layanan Jogja Library For All (JLA). Adapun tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah; 1) Untuk mengetahui bentuk layanan JLA di BPAD DIY. 2) mengetahui manfaat dan tujuan adanya layanan JLA. 3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelayanan JLA dan cara mengatasinya. Dalam penulisan Tugas Akhir ini untuk memperoleh data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode diantaranya; metode observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip, dan studi pustaka. Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa: 1) BPAD Propinsi DIY mewujudkan bentuk layanan JLA melalui pemanfaatan sumber informasi yang dapat diakses secara offline yakni kunjungan langsung ke unit perpustakaan anggota JLA dan secara online yakni layanan website JLA seperti katalog induk 2) Hambatan yang mungkin dijumpai salah satunya adalah kurang sosialisasi dalam pelaksanaan prosedur pelayanan JLA bagi pegawai perpustakaan sehingga hanya terbatas pada koordinator teknis yang ditunjuk 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yakni perlu adanya kerjasama dan koordinasi dari seluruh pegawai perpustakaan dalam mengelola dan memberikan pelayanan, baik secara online ataupun offline. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi kemajuan BPAD Propinsi DIY, diantaranya adalah: 1) Perlu adanya komitmen antara BPAD dan mitra dalam mengembangkan layanan JLA juga perlu poin-poin target yang harus terpenuhi di dalam perjanjian tersebut agar memacu kinerja JLA secara keseluruhan 2) pengembangan website JLA, tampilan, konten, koleksi yang ada perlu diperbarui dan partisipasi anggotanya harus selalu dimonitoring. 3) Perlu dilakukan sosialisasi secara inten, baik bagi pegawai perpustakaan atau pun masyarakat luas. 4) Perlu adanya penambahan konten berupa wadah komunikasi secara online di JLA sehingga antar perpustakaan unit dapat berkomunikasi kapan saja. Kata kunci : Layanan, Jaringan Perpustakaan, katalog induk

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:11
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13530

    Actions (login required)

    View Item