MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN KARAKTER KREATIF

Rusyana, Adun and Rustaman, Nuryani (2011) MENGEMBANGKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN KARAKTER KREATIF. Masters thesis, UPI Bandung.

[img] PDF - Published Version
Download (260Kb)

    Abstract

    Studi tentang implementasi model pembelajaran Zoologi Invertebrata berbasis masalah (MPZIBM) berfokus pada upaya peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh MPZIBM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran yang dapat membekali calon guru Biologi untuk bisa merancang pembelajaran Biologi berbasis keterampilan berpikir kreatif, dan evaluasi pembelajaran Biologi yang menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif. MPZIBM unggul dalam meningkatkan keterampilan berpikir pada kelompok/unit materi pelajaran yang memiliki struktur morfologi/anatomi yang berkembang secara jelas. MPZIBM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan kategori sedang (%g= 43 %).

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 09 Jul 2013 02:50
    Last Modified: 09 Jul 2013 02:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1353

    Actions (login required)

    View Item