(B. Teknologi) Karakteristik “Community-Based Housing Development” dan Kontribusinya terhadap Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Kota Surakarta Indonesia)

Astuti, Winny (2012) (B. Teknologi) Karakteristik “Community-Based Housing Development” dan Kontribusinya terhadap Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Kota Surakarta Indonesia). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya angka kemiskinan di Indonesia dimana pada tahun 2003 telah mencapai 17,4 % . Millenium Development Goals (MDGs) Indonesia telah menempatkan peperangan melawaan kemiskinan dan kelaparan sebagai target pencapaian pertama dan mentargetkan menurunnya angka kemiskinan menjadi 7,55%-12,1% pada tahun 2015. Sementara itu didasari oleh kenyataan bahwa sebagian penduduk miskin tinggal di permukiman kumuh di perkotaan yang pada tahun 2009 mencapai sekitar 57.800 ha yang tersebar tidak kurang dari 10.000 lokasi di seluruh Indonesia.1. Community-based Housing Development (CBHD) merupakan salah satu sistem penyediaan perumahan di Indonesia yang berbasis pada penguatan kelembagaan dan berbasis pemberdayaan masyarakat diyakini mempunyai kontribusi terhadap pengentasan kemiskinan. Namun begitu masih banyak kendala-kendala yang dihadapi menyangkut komitment peran pelaku dalam pembangunan perumahan seperti pemerintah, swasta maupun kendala kurangnya kapasitas masyarakat dalam berpartisipasi dalam perencanaan perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, mengindentifikasi sistem penyediaan perumahan di kota Surakarta; kedua, mengidentifikasi CBHD di Surakarta; Ketiga, menganalisis karakter CBHD di Surakarta, serta menganalisis kontribusi CBHD terhadap pengentasan kemiskinan di Kota Surakarta. Sedangkan metode yang digunakan adalah qualitatif research, dengan menggunakan beberapa analisis yaitu evaluation analysis; tipology analysis dan analysis pengaruh. Hasil dari penelitian ini berupa evaluasi terhadap CBHD di Surakarta; karakteristik CBHD di Surakarta serta hasil analisis pengaruh CBHD terhadap pengentasan kemiskinan di Surakarta. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Housing delivery system based on Community-based Housing development mengintegrasikan pembangunan perumahan dengan Pengentasan kemiskinan. Namun model CBHD masih merupakan instrumental participation belum transformational participation.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:10
    Last Modified: 03 May 2014 23:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13526

    Actions (login required)

    View Item