ANALISIS R&D PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2007-2012)

Setiono, Arif Pajar (2013) ANALISIS R&D PADA NILAI PERUSAHAAN DENGAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2007-2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1636Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh R&D pada nilai perusahaan dengan karakteristik perusahaan sebagai variabel moderasi(ukuran perusahaan , pertumbuhan perusahaan, free cash flow, market share, external finansial dependence, labor intensity dan capital intensity) pada perusahaan manufakture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh R&D pada nilai perusahaan dengan karakteristik perusahaan sebagai variabel moderasi (ukuran perusahaan , pertumbuhan perusahaan, free cash flow, market share, external finansial dependence, labor intensity dan capital intensity) pada perusahaan manufakture yang terdaftar di Bursa efek Indonesia pada tahun 2007-2012. Sampel dalam penelitian ini 71 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2012. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan manufaktur yang menyediakan laporan keuangan periode 2007-2012, (2) perusahaan manufaktur yang memiliki data lengkap untuk perhitungan variabel selama periode 2007-2012. Data dalam penelitian ini diambil dari publikasi Indonesian Stock Excange (IDX), Indonesian Capital Directory Market (ICMD) dan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode regresi Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian ini adalah R&D berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (tobin’s Q). ukuran perusahaan, market share, capital intensity memperlemah dan memoderasi hubungan R&D terhadap nilai perusahaan. Tetapi pertumbuhan perusahaan,dan labor intensity memperlemah dan tidak memoderasi hubungan R&D terhadap nilai perusahaan. free cash flow dan external financial depence memperkuat dan tidak memoderasi hubungan R&D terhadap nilai perusahaan. Penulis menyarankan kepada para investor supaya memperhatikan informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan agar investor dapat membuat keputusan investasi yang terbaik. Kata kunci:tobin’s Q, R&D, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, free cash flow, market share, external finansial dependence, labor intensity, dan capital intensity.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:09
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13524

    Actions (login required)

    View Item