UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING CROSS STEP STYLE MELALUI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013

KENEDY, DONI MARGA (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING CROSS STEP STYLE MELALUI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (hasil belajar, lempar lembing, gaya cross step, alat bantu pembelajaran, learning outcomes, javelin, stylish cross step, learning aids) - Published Version
Download (273Kb) | Preview

    Abstract

    The research purpose is to improve the result of learning javelin style cross step eighth on student class VIII A of SMP Negeri 3 Karanganyar academic year 2012/2013 through the use of teaching aids. This study is an action research by using collection data techniques such as test and observation. The instrument was used in the form of skills tests javelin style cross step. This classroom action research was used data triangulation. Sheet observer of researchers, teachers of education sport, and peer reviewers. Data analysis techniques was used in the implementation cycle of this action research is descriptive using a percentage. Based on result of this action research were: (1) In the first cycle (first meeting), the results of student learning is 62,50% and in the second meeting increased to 68,75%, whereas in the third meeting increased to 71,88%. Next on the implementation of the second cycle (first meeting) the use of teaching aids increase by 81,25% and the second meeting increased to 87,50%. The achievement of predetermined targets is 85%. The conclusion that the use of learning aids are very effective in improving learning outcomes javelin student class VIII A of SMP Negeri 3 Karanganyar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lempar lembing gaya cross step siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 melalui penggunaan alat bantu pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa tes ketrampilan lempar lembing gaya cross step. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi data. Lembar observer dari peneliti, guru penjas, dan peer reviewer. Teknik analisis data yang digunakan dalam pelaksanaan siklus penelitian tindakan kelas ini adalah deskriptif dengan menggunakan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Pada siklus I (pertemuan pertama), hasil belajar siswa adalah 62,50% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 68,75%, sedangkan pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan menjadi 71,88%. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus II (pertemuan pertama) yaitu penggunaan alat bantu pembelajaran meninggkat sebesar 81,25% dan pada pertemuan kedua meningkat lagi menjadi 87,50%. Adapun target capaian yang telah ditentukan adalah 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar lempar lembing siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Karanganyar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:07
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13517

    Actions (login required)

    View Item