Representasi Ekspresi Simbolik Lukisan Anak Usia Dini dalam Kajian Sosiologi pada Sekolah-Sekolah TK Terakreditasi A di Surakarta

Shaifuddin, Muhammad and Rintayati, Peduk and Atmojo, Idam Ragil Widianto (2012) Representasi Ekspresi Simbolik Lukisan Anak Usia Dini dalam Kajian Sosiologi pada Sekolah-Sekolah TK Terakreditasi A di Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Pada tahun pertama dipergunakan media teknik kering(pastel, pensil, spidol, bolpoin dan sejenisnya). Untuk menggali mencari proses penggunaan media teknik kering maka anak diberi kelonggaran untuk memilih salah satu media teknik kering yang disenangi anak. Kemudian teknik media kering tersebut dijadikan model temuan gaya lukisan anak yang eksplorasinya untuk ungkapan ekspresi simbolik pada lukisan anak sesuai dengan masa perkembangannya. Teknik kering bagi anak amat sangat praktis dan mudah penggunaannya. Sehingga ditemukan spesifik lukisan anak-anak usia dini yang unil dan artistic sesuai dengan pikiran dan keingnan anak. Bukan kehendak orang dewasa dan pikiran orang dewasa. Selanjutnya pada tahun kedua lebih mengembangkan teknik media basah antaralain (cat air, cat akrilik, dan cat minyak). Pada Tahapan tahun kedua anak-anak diperkenalkan dengan teknik basah dan lebih menantang bagi anak.karena dalam teknik basah bahan cat merlukan tempat dan peralatan serta pencair sebagai pelarutnya. Cat ait dan cat akrilik pelarutnya cukup dengan air sedangkan cat minyak pelarutnya minyak cat atau line oli, tinner, bensin, terpentin. Namun cat minyak pelarutnya yang paling baik dengan line oli. Media teknik basah pelarut air dan minyak cat(line oli) masih memerlukan tempat yang dinamakan piringan palet yaiti untuk wadah dan dipegunakan untuk mencampur cat agar cat bisa rata hasilnya. Dan pula mdia teknik basah juga memerlukan alat seperti kuas, pisau palet (seperti cetok :bahasa Jawa). Bidang datar yang dipakai sebagai dasar untuk dilukis dapat menggunakan kertas, papan, kanvas dan sejenisnya.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:05
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13514

    Actions (login required)

    View Item