MANAJEMEN PELAYANAN DI SOLO TOURIST INFORMATION CENTER (TIC)

SETIAWAN, ANGGA EKA (2013) MANAJEMEN PELAYANAN DI SOLO TOURIST INFORMATION CENTER (TIC). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (373Kb) | Preview

    Abstract

    ANGGA EKA SETIAWAN. D0109008. MANAJEMEN PELAYANAN DI SOLO TOURIST INFORMATION CENTER (TIC). Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi . Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. Pariwisata Indonesia dewasa ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun, begitu pula pariwisata di Kota Surakarta atau yang lebih dikenal sebagai Kota Solo. Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyediakan layanan informasi kepariwisataan secara gratis bagi wisatawan yang berkunjung melalui lembaga Solo Tourist Information Center (TIC) untuk menunjang pariwisata di Kota Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan di Solo Tourist Information Center (TIC). Manajemen pelayanan secara umum memiliki pengertian yaitu segala proses kegiatan baik dari perencanaan, implementasi, dan koordinasi yang dilakukan oleh penyedia jasa (provider) yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memperoleh kepuasan pelanggan (customer) yang menggunakan jasa layanannya. Manajemen pelayanan pada penelitian ini memiliki tiga komponen yaitu aspek sistem atau prosedur pelayanan, aspek sumber daya manusia yang memberikan pelayanan, dan aspek strategi pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data utama dan data tambahan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan yang ada di Solo Tourist Information Center (TIC) secara umum sangat baik. Pada aspek sistem atau prosedur pelayanan bisa dikatakan sangat mudah, jelas dan sederhana. Kemudian mengenai aspek sumber daya manusia meliputi dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi assurance, dan dimensi empathy. Sumber daya manusia di Solo Tourist Information Center (TIC) sudah memenuhi standar, sangat profesional, bertanggungjawab dan loyal terhadap organisasinya. Pada aspek strategi, dari enam strategi yang dijadikan sebagai acuan atau batasan oleh penulis, empat diantaranya diterapkan di Solo Tourist Information Center (TIC). Strategi-strategi yang dilakukan sudah cukup memberikan pengaruh yang signifikan bagi organisasi. Secara umum ketiga aspek tersebut cukup baik namun selalu diperlukan perbaikan pada masa mendatang untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci : Solo Tourist Information Center (TIC), manajemen pelayanan, sistem atau prosedur pelayanan, sumber daya manusia, strategi pelayanan. ANGGA EKA SETIAWAN. D0109008. THE SERVICE MANAGEMENT AT SOLO TOURIST INFORMATION CENTER. Undergraduated Thesis. Department of Administrative Science. Public Administration Program. Faculty of Social and Political Sciences. Sebelas Maret University. Surakarta. 2013. Indonesia’s tourism showed a significant raising for year by year, so was Surakarta’s tourism which is well-known as Solo City. Surakarta City government through Cultural and Tourism Office with the Solo Tourist Information Center gave a tourism information services as free to every tourist who visited to support the tourism of Solo City itself. This research aimed to know about the service management at Solo Tourist Information Center. The service management definites a whole activity process includes planning, implementation, and coordination process which held by provider to complete the basic needs and gets customer’s satisfaction who using the service. The service management in this research has three components which are service system or procedure, service people, and service strategy. This research is a descriptive qualitative research. The informants were selected using purposive sampling technique. The source of data used are primary and secondary data. Data collection used within interview, observation, and documentation review. To validity data, the source method was performed. Data was analyzed by using the qualitative analysis technique. This research results that the service management at Solo Tourist Information Center (TIC) generally shows a good thing. First, at the aspect of system or procedure, it can be said really easy, clear, and simple. Second, the aspect of the service people includes dimension of tangible, dimension of reliability, dimension of responsiveness, dimension of assurance, and dimension of empathy. People at Solo Tourist Information Center (TIC) already complies the standard, really professional, responsible, and shows loyality to their company/organization. Third, the aspect of service strategy shows that from six strategies which is used as a theory in this research, four of them are applied at Solo Tourist Information Center (TIC). The strategies which are applied give a significant positive impact to the organization. Generally, all those three aspects are pretty good, but it always needs a evaluation and revitalization in the future for a better future. Keywords : Solo Tourist Information Center (TIC), the service management, service system or procedure, service people, service strategy.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Satria Nur Fauzi
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:10
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13512

    Actions (login required)

    View Item