UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN 2012/2013

LATHIF, MAULFI M (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan alat bantu.) - Published Version
Download (293Kb) | Preview

    Abstract

    This research aims to improve the skills of the seventh grade students’ squatting style of the long jump at SMP Negeri 2 Tengaran academic year of 2012/2013. This research uses Classroom Action Research (CAR) which consists of several cycles. There are four steps in each cycle: Planning, Implementing, Observing, and Reflecting. The data source of this research is seventh grade students of SMP Negeri 2 Tengaran in academic year of 2012/2013 which amounted 36 students consist of 12 boys and 24 girls. The data are collected by observation and scoring of the learning result squatting style long jump. The technique of data analysis used in this research is a statistics qualitative descriptive with the result percentage. The research findings show the significant improvement from the first cycle to the second cycle. In the beginning condition before this research had been done, there were 3 (8,33%) The learning result of squatting style long jump in the first cycle on complete category was 8 students (22.22%) with an average score 68.75. In the second cycle there was an increase in the percentage of students' completed category which was 36 students (100%) with the average 83.06. Based on the research analysis result, the researcher comes to the conclusion that using medium in teaching learning squatting style long jump can improve the skill of seventh grade student in SMP Negeri 2 Tengaran academic year 2012/2013. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 36 orang yang terdiri atas 12 siswa putra dan 24 siswa putri. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan penilaian hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan lompat jauh gaya jongkok secara mneyeluruh, yang meliputi: 1) kemampuan melakukan awalan; 2) kemampuan melakukan tolakan; 3) sikap badan saat melayang; 4) sikap mendarat. Dari analisis yang diperoleh menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Kondisi awal sebelum dilakukan PTK, peserta didik yang tuntas hanya 3 siswa (8,33%). Hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 8 siswa (22,22%) dengan nilai rata-rata 68,75. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas adalah 36 siswa (100%) dengan nilai rata-rata 83,06. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: penggunaan alat bantu dapat meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2012/2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 18:04
    Last Modified: 26 Apr 2014 18:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13508

    Actions (login required)

    View Item