Akuntabilitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam Melaksanakan Program Rakyat Terdaftar Negara Aman (RATNA)

Prastiwi, Anindar Gita (2013) Akuntabilitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam Melaksanakan Program Rakyat Terdaftar Negara Aman (RATNA). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (301Kb) | Preview

    Abstract

    Anindar Gita Prastiwi. D0108016. Akuntabilitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam Melaksanakan Program Rakyat Terdaftar Negara Aman (RATNA). Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2013. Akta kelahiran, KTP, dan KK merupakan dokumen yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tetapi masyarakat banyak yang belum memiliki karena malas mengurusnya yang cenderung memerlukan waktu yang lama dan biaya yang mahal terutama yang jauh dari tempat pelayanan. Program RATNA merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan jemput bola. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Akuntabilitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam melaksanakan Program RATNA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan telaah dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dengan menguji data dari berbagai sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karanganyar dalam melaksanakan Program RATNA secara keseluruhan sudah akuntabel walaupun masih terdapat kendala dalam melaksanakan program. Kriteria efisiensi menunjukkan Program RATNA sudah efisien dilihat dari segi waktu lebih hemat karena langsung jadi saat itu juga, dari segi biaya juga lebih terjangkau karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang lain untuk sampai ke tempat pelayanan dan hal tersebut dapat menghemat tenaga dan energi yang digunakan untuk berangkat dan pulang dari pusat pelayanan. Kriteria efektivitas menunjukkan dari empat tujuan Program RATNA, tujuan program mempercepat terwujudnya tertib administrasi di bidang kependudukan terutama dalam hal KK, KTP, dan akta kelahiran belum terwujud sehingga dari kriteria efektivitas menunjukkan Program RATNA belum sepenuhnya efektif. Dari kriteria kesesuaian program dengan visi, misi, tujuan, dan strategi organisasi, Program RATNA sudah sesuai dengan visi, misi, tujuan dan strategi organisasi hal tersebut ditunjukkan dengan masyarakat merasa didekatkan pelayanannya, dikurangi beban biaya dalam pengurusan, dan diberikan pelayanan dengan cepat yang menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dengan Program RATNA. Hal tersebut sesuai dengan visi organisasi yaitu kepuasan pelayanan masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:55
    Last Modified: 03 May 2014 18:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13506

    Actions (login required)

    View Item