Studi Baseline Sistem Pengembangan Profesionalisme Dosen (SPPD) UNS 2012

Mudjiman, Haris and Nurkamto, Joko (2012) Studi Baseline Sistem Pengembangan Profesionalisme Dosen (SPPD) UNS 2012. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    SP2D adalah sistem pengelolaan perguruan tinggi yg memberi kesempatan kepada dosen utk mengembangkan profesionalismenya, dengan melakukan kegiatan Tridharma PT secara terencana, inovatif, jujur, dan berkelanjutan, serta mengaplikasikan hasilnya pada pengelolaan pembelajaran mahasiswa. Penelitian tentang SP2D tahun 2012 ini memperoleh gambaran data baseline sebagai berikut: 1. Data baseline utama yang terkumpul menunjukkan bahwa baru kira-kira separuh dari dosen UNS naik pangkat/jabatan dalam waktu 4 tahun. Ini menunjukkan bahwa pada tahun pertama dijalankannya SP2D di semua fakultas di UNS, sistem itu memang belum berjalan. Hal itu mungkin disebabkan karena roadshow yang dilakukan Rektor pada awal Oktober tahun 2012 ini, yang antara lain menyangkut Peraturan Rektor nomor 222 tertanggal 22 Mei 2012 tentang keharusan semua fakultas menjalankan SP2D, belum memberikan hasil yang diharapkan. Pantauan struktural oleh Rektor dalam forum rapat-rapat Dekan tentang pelaksanaan SP2D masih perlu dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, secara khusus penjelasan perlu diberikan kepada timtim PAK fakultas dan tenaga administrasi yang mengurusi UKP/UKJA masih perlu dilakukan, sebagai tindak lanjut dari roadshow Rektor tentang hal yang sama. 2. Data baseline latar, ialah data jumlah dosen dan sejenisnya pada 2012, yang melatar belakangi data tentang profesionalisme dosen. Data ini diharapkan mengalami perobahan di tahun-tahun mendatang, karena adanya pengangkatan dosen baru, pensiun, ataupun meninggal dunia. 3. Data baseline penunjang, khusus tentang kebijakan universitas yang terkait dengan penganggaran penelitian, dirasa telah cukup memadai. Hal itu memberikan kesempatan yang semakin luas kepada dosen untuk melakukan penelitian dalam rangka SP2D, yang berarti: a. Dosen yang lulus serdos eksternal dan mendapatkan Sertifikat Pendidik makin meningkat; b. Dosen semakin banyak pula yang mendapatkan SKPT, bila serdos internal sudah mulai dijalankan; c. Semakin banyak dosen yang mendapatkan keterangan “memenuhi” tentang pelaksanaan EWMP dari ICT fakultasnya masing-masing. Artinya, dosen UNS akan semakin pofesional menurut definisi yang ditetapkan. 4. Data baseline penunjang selain penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih diperlukan. Terutama data tentang kebijakan universitas yang bersangkutan dengan penganggaran studi lanjut bagi dosen, pengembangan perpustakaan, dan pengembangan laboratorium. Data ini diharapkan memberikan keterangan tentang profesionalisme dosen di masa yang akan datang.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:59
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13492

    Actions (login required)

    View Item