Pengembangan Model Pelatihan Self Regulated Learning Skills untuk Meningkatkan Karakter Kuat dan Cerdas Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (Suatu Kajian Tindak Lanjut)

Jannah, Wardatul and Lilik, Salma and Wagimin, and Mardiyati, Siti (2012) Pengembangan Model Pelatihan Self Regulated Learning Skills untuk Meningkatkan Karakter Kuat dan Cerdas Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (Suatu Kajian Tindak Lanjut). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Pembentukan karakter cerdas dan kuat merupakan salah satu upaya mewujudkan sebuah Perguruan Tinggi yang menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi dan seni yang unggul di tingkat Internasional. Adanya kemampuan self regulated learning pada mahasiswa merupakan salah satu faktor yang akan membentuk kualitas lulusan tersebut. Dengan self regulated learning skills, mahasiswa dapat mengelola kegiatan belajar secara mandiri, aktif secara behavioral dengan memiliki kemampuan memilih, menyusun, dan menciptakan lingkungan belajar secara optimal. Rancangan Penelitian Pengembangan Model Pelatihan Self Regulated Learning merupakan sebuah kajian tindak lanjut dari penelitian sebelumnya (Salmah Lilik, et. al, 2011) yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pelatihan Self Regulated Learnig Skill terhadap kemauan mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling UNS dalam mengembangkan diri pada prestasi belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian kajian tindak lanjut ini bertujuan untuk membuat sebuah model baku yang akan dijadikan acuan dalam pengembangan Self Regulated Learning Skill dimana hasilnya dapat dipatenkan serta dijadikan sebuah modul dengan muatan isi bersifat terapan dan praktis sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan akademisi khususnya Universitas Sebelas Maret dalam meningkatkan mutu mahasiswa yang cerdas dan memiliki karakter yang kuat. Desain penelitian ini adalah Eksperimen Murni (True Eksperiment) dengan rancangan eksperimental Randomized Control-Group Pre-Post-test. Subjek penelitian terdiri atas 60 mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret yang diambil secara acak dari berbagai program studi, eksak dan non eksak, yang terbagi atas 30 orang sebagai kelompok kontrol dan 30 orang sebagai kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji independent sample t-test didapatkan nilai t hitung sebesar 2,765 > t tabel 2,002 dan p 0,008 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pelatihan terhadap kecenderungan Self Regulated Learning Skills pada mahasiswa FKIP UNS. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test didapatkan nilai t hitung sebesar 3,378 > t tabel 2,045 dan p 0,002 < 0,05 dengan nilai korelasi sebesar 0,672, dimana menunjukkan terdapat perbedaan antara kecenderungan Self Regulated Learning Skills pada sebelum pelatihan dan setelah pelatihan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan Self Regulated Learning Skills efektif untuk meningkatkan kecenderungan Self Regulated Learning Skills sebagai upaya membentuk karakter kuat dan cerdas pada mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:56
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13486

    Actions (login required)

    View Item