Aplikasi Learning Management System (LMS) dalam Mendukung Blended Learning Model (BLM) Mahasiswa Program Sarjana (S-1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan

Sukarno, and SABARINI, SRI SANTOSO and Kartono, (2012) Aplikasi Learning Management System (LMS) dalam Mendukung Blended Learning Model (BLM) Mahasiswa Program Sarjana (S-1) Kependidikan bagi Guru dalam Jabatan. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Learning Management System (LMS) dalam mendukung Blended Learning Model (BLM) Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru dalam Jabatan Tahun Akademik 2011/2012. Secara khusus tujuan penelitian ini untuk menyusun draft aplikasi LMS dalam mendukung BLM. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diringkas dalam 5 tahap yaitu, (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan model, (3) uji coba model, (4) revisi dan validasi, serta (5) desiminasi dan distribusi. Pada tahun pertama penelitian hanya sampai pada tahap kedua. Pada tahap ketiga sampai kelima akan dilaksanakan pada penelitian tahun kedua. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program Sarjana Kependidikan Bagi Guru dalam Jabatan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret tahun angkatan 2011 sejumlah 72 mahasiswa. Meraka adalah mahasiswa yang berasal dari guru-guru Pegawai Negeri Sipil maupun Guru Tetap Yayasan lulusan Diploma (D-2 maupun D-3) Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara dan angket. Sedangkan validasi penelitan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian berupa draft aplikasi Learning Management System (LMS) dalam mendukung Blended Learning Model (BLM) terkoneksi internet dengan situs: http://bening.fkip.uns.ac.id/ beserta panduan pengoperasian LMS dalam pembelajaran.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:54
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13481

    Actions (login required)

    View Item