UJI KANDUNGAN TIMBAL DALAM DAUN ANGSANA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN METODOLOGI ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012

Hujianti, Christine Noverima Prasasti and Muzayyinah, and Ariyanto, Joko (2011) UJI KANDUNGAN TIMBAL DALAM DAUN ANGSANA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PADA SUB POKOK BAHASAN METODOLOGI ILMIAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2011/2012. Pendidikan Biologi, 3 (2). pp. 9-16.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (178Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar berupa modul hasil penelitian kandungan timbal dalam daun angsana pada sub pokok bahasan Metodologi ilmiah terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) menggunakan Randomized Control Only Design. Variabel bebas berupa modul hasil penelitiandan variabel terikat adalah hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X.4 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X.1 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes untuk hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi untuk hasil belajar ranah afektif serta psikomotor. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul hasil penelitian sebagai sumber belajarmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Keywords: modul, hasil belajar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Arissa Aprilia Nurcahyani
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:46
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13463

    Actions (login required)

    View Item