Pengembangan Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Penanaman Nilai Etis-Spiritual dalam Pembangunan Karakter Siswa SD

Suryanto, Edy and Suhita, Raheni and Mujiyanto, Yant (2012) Pengembangan Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra untuk Penanaman Nilai Etis-Spiritual dalam Pembangunan Karakter Siswa SD. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pembelajaran budi pekerti di SD; (2) menganalisis cerita anak yang dimuat di media massa cetak berdasarkan nilai-nilai etis-spiritual sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra; (3) merumuskan desain model materi ajar budi pekerti berbasis cerita anak untuk penanaman nilai etis-spiritual dalam membangun karakter siswa SD; dan (4) menemukan model materi ajar budi pekerti berbasis cerita anak dalam pelajaran apresiasi sastra untuk menanamkan nilai etis-spiritual dalam pembangunan karakter siswa SD. Metode penelitian ini termasuk jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-Surakarta yang sampel SD di tiap kecamatan diambil secara acak. Sumber data penelitian meliputi tempat dan peristiwa, informan, cerita anak yang diambil dari media cetak, dokumen dari guru, dan dokumen dari administrasi sekolah. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode, triangulasi sumber, pengecekan anggota, dan ketekunan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang mencakupi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sementara, yaitu: (1) Dalam penelitian ini, analisis kebutuhan pembelajaran budi pekerti di SD dikaji dari visi dan misi sekolah, permasalahan pembelajaran yang dialami oleh guru dan siswa di kelas, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter siswa SD; (2) ceritacerita anak yang dimuat di media massa cetak sangat potensial untuk dikaji nilai etis-spiritualnya dan sangat tepat pula untuk dijadikan alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra dalam kerangka membangun karakter siswa SD; (3) Model materi ajar budi pekerti berbasis cerita anak dapat didesain secara fleksibel oleh guru yang memiliki kemampuan dalam menerapkan metode, cara atau teknik mengajar yang variatif sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan; dan (4) Model materi ajar budi pekerti berbasis cerita anak melalui nilai-nilai etis-spiritual yang terdapat di dalamnya dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam pembelajaran apresiasi sastra dalam upaya ikut membangun karakter siswa SD.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:44
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13461

    Actions (login required)

    View Item