Model Eksploitasi Bahasa yang Efektif untuk Pengajaran Anak Autis

Sugini, and Djatmika, and Maryadi, (2012) Model Eksploitasi Bahasa yang Efektif untuk Pengajaran Anak Autis. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (26Kb)

    Abstract

    Proses terapi dan pembelajaran bagi penyandang autis harus dilakukan secara simultan melalui beberapa penanganan, yaitu penanganan psikologis, neurologis dan linguistis. Setiap pendekatan ini memerlukan strategi yang efektif agar proses pengasuhan dan pembelajaran anak autis tersebut juga dapat berlangsung secara efektif. Penelitian ini akan melihat kualitas olah bahasa para guru penderita autis di sekolah luar biasa atau pusat terapi autis yang ada di Surakarta untuk menemukan kelebihan dan kekurangan olah bahasa tersebut dari sudut pandang linguistik sistemik fungsional. Tiga peristiwa pembelajaran oleh guru yang berbeda dan untuk tiga anak didik penyandang yang berbeda pula diambil sebagai sasaran penelitian. Analisis dilakukan dengan melihat kualitas olah konstruksi gramatika, olah pemilihan kosa kata dan aspek non verbal yang mengikuti aspek verbal yang digunakan untuk melangsungkan proses pembelajaran kepada anak didik penyandang autis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada garis besarrnya, guru sudah mempertimbangkan kondisi autis anak didik, sehingga konstruksi gramatika yang dilontarkan sudah disesuaikan dengan kondisi mental anak didik. Selanjutnya, kualitas konstruksi gramatika itu juga didukung oleh pemilihan kosa kata yang baik dan oleh olah bahasa non verbal yang baik pula. Namun demikian, kelas dengan anak didik penyandang autis yang serius menunjukkan beberapa kelemahan, yaitu sajian materi pengajaran yang tidak runtut dan berputar-putar. Selain itu, ada juga bentuk olah bahasa non verbal yang tidak efektif. Pada intinya, keefektifan olah bahasa untuk sebuah proses pembelajaran bagi anak penyandang autis dapat diperoleh dengan kualitas konstruksi gramatika, pemilihan kosakata, sajian materi yang bagus, dan olah bahasa non verbal yang suportif bagi proses pembelajaran tersebut.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:41
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13452

    Actions (login required)

    View Item