Bimbingan Karier di Perguruan Tinggi Melalui Pemberian Life Skills dan Link And Match untuk Mewujudkan Masa Tunggu Memperoleh Pekerjaan Pendek

Fadhilah, Siti S. and Jannah, Wardatul and Chadijah HA, and Muslim, Mudaris (2012) Bimbingan Karier di Perguruan Tinggi Melalui Pemberian Life Skills dan Link And Match untuk Mewujudkan Masa Tunggu Memperoleh Pekerjaan Pendek. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Produk akhir sebagai tujuan penelitian yang diharapkan ialah sebuah model bimbingan karier di Perguruan Tinggi melalui pemberian life skills dan link and match untuk mewujudkan masa tunggu memperoleh pekerjaan pendek. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and development atau R & D), dengan menggunakan tiga rancangan, yaitu: survai, evaluatif, dan eksperimental. Survai dilakukan sebagai penelitian pendahuluan untuk mengetahui kondisi pendukung yang terkait dengan penelitian atau produk model yang akan dikembangkan. Penelitian evaluatif, digunakan dalam uji coba pengembangan produk. Penelitian pengembangan ini melalui empat langkah tersebut dapat disingkat menjadi tiga langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan model/produk, dan (3) uji ahli dan praktisi; dan (4) validasi model/produk. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah angket untuk mengungkap kebutuhan mahasiswa dalam membuat perencanaan karier. Paket bimbingan karier untuk pegangan konselor di dalam membimbing dan untuk mahasiswa yang dibimbing. Buku tugas untuk dikerjakan setiap mahasiswa. Observasi untuk mengamati perilaku mahasiswa waktu mengikuti proses bimbingan. Analisis data menggunakan prosentase dan kualitatif dengan teknik interkatif mengalir. Hasil penelitian diprediksikan bahwa model bimbingan karier di Perguruan Tinggi melalui pemberian life skills dan link and match layak untuk membimbing mahasiswa dalam mewujudkan masa tunggu memperoleh pekerjaan pendek. Artinya, bimbingan karier di Perguruan Tinggi melalui pemberian life skills dan link and match, mahasiswa segera memperoleh pekerjaan dengan masa tunggu pendek setelah lulus. 80% ahli dan praktisi menyatakan bahwa model bimbingan karier di Perguruan Tinggi melalui link and match layak (baik) untuk membimbing mahasiswa dalam mewujudkan masa tunggu memperoleh pekerjaan pendek, dan 20% menyatakan sangat layak (sangat baik).

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:38
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13447

    Actions (login required)

    View Item