Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Keterampilan Kompensatoris untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

Salim, Abdul and R. Indianto, and Rejeki, Dewi Sri (2012) Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Keterampilan Kompensatoris untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dirasakan guru sekolah regular atau sekolah inklusi dalam pembelajaran untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Hal ini karena guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK), termasuk dalam keterampilan kompensatoris. Baik untuk ABK gangguan penglihatan, pendengaran, keterbatasan potensi intelektual, gangguan motorik, gangguan perilaku . Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan buku panduan keterampilan kompensatoris ABK di sekolah inklusi dan peningkatan kemampuan guru dalam mengajar keterampilan kompensatoris anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Pada tahun pertama (2012) kegiatan penelitian diarahkan untuk (1) mengetahui prevalensi ABK menurut jenisnya, (2) mengetahui kebutuhan guru akan buku panduan keterampilan kompensatoris, (3)komponen buku panduan yang diinginkan guru, (4) mengembangkan draf produk awal buku panduan, dan (5) melakukan validasi ahli serta revisi pertama buku panduan. Sedangkan tahun kedua (2013), kegiatan penelitian diarahkan untuk (1) Uji coba lapangan (empiris) pada skala kecil dan revisi kedua buku panduan, (2) ujicoba lapangan (empiris) skala besar dan finalisasi buku panduan, serta (3) pelatihan keterampilan kompensatoris bagi guru sekolah inklusi. Penelitian menerapkan pendekatan penelitian pengembangan dari Borg dan Gall (2007) yang prosedurnya dimodifikasi menjadi 5 langkah, yaitu (1) analisis kebutuhan dan komponen yang akan dikembangkan, (2) pengembangan draf produk awal, (3) validasi ahli dan revisi (pertama) produk awal, (4) Ujicoba lapangan skala kecil dan revisi (kedua) produk, serta (5) ujicoba lapangan skala besar dan revisi (ketiga) serta finalisasi produk. Metode pengumpulan data menggunakan identifikasi, angket dan diskusi terfokus, dengan metode analisis data tehnik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tahun pertama (2012) diketahui bahwa (1) jenis ABK terbanyak anak lambat belajar (85.19%), diikuti anak kesulitan belajar (4.6%), tunagrahita ringan (3.51%), tunalaras (1.8%), autis (1.5%), tunadaksa (1.06%), tunanetra (1.33), dan tunarunguwicara (0.96%). (2) diketahui juga bahwa sebagian besar guru (92%) masih kesulitan dalam memberikan layanan keterampilan kompensatoris untuk ABK, dan 95% guru membutuhan buku panduan pendidikan keterampilan kompensatoris ABK, (3) seluruh komponen buku panduan keterampilan kompensatoris yang ditawarkan disetujui oleh semua guru sekolah inklusi, (4) penelitian telah berhasil mengembangkan draf awal buku panduan keterampilan kompensatoris, dan (5) berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa draf buku panduan yang dikembangkan termasuk sudah visibel untuk diujicobakan secara empiris.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:35
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13442

    Actions (login required)

    View Item