ANALISIS PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI SURAKARTA

Hartono, and Hartomo, Deny Dwi (2012) ANALISIS PERKEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI SURAKARTA. .

[img] Rich Text (RTF) - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    Kata kunci : UMKM, kinerja, perkembangan usaha, strategi, pemetaan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat besar dan signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Oleh karena itu penting untuk dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kinerja saat ini dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM serta memberikan rekomendasi strategi pengembangan UMKM di Surakarta. Tujuan jangkapanjangnya adalah berkembangnya UMKM di Surakarta di masa yang akan datang yang diukur dari peningkatan penjualannya, sehingga pendapatan pengusaha UMKM meningkat, mengurangi jumlah pengangguran dan akhirnya dapat menurunkan tingkat kemiskinan di Surakarta khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 pengusaha UMKM yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Surakarta. Setiap kecamatan diambil 20 pengusaha UMKM dengan metode purposive sampling Pemetaan kondisi kinerja UMKM dianalisis secara deskriptif dengan mendiskripsikan berbagai aspek seperti umur perusahaan, tenaga kerja, bahan baku, modal kerja dan permasalahan yang dihadapi. Sedangkan faktorfaktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM dianalisis secara statistik dengan model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemetaan kondisi kinerja UMKM di Surakarta rata-rata menghadapi permasalahan di bidang permodalan dan pemasaran. Sedangkan dari sisi produksi mereka tidak mengalami kesulitan karena rata-rata mereka sudah lama berkecimpung dalam bidangnya, dan ada yang usahanya merupakan warisan dari keluarganya. Walaupun mengalami permasalahan di bidang pemasaran, namun secara umum UMKM di Surakarta mengalami perkembangan usaha dilihat dari peningkatan omzet penjualannya. Berdasarkan pengujian statistik dari empat variabel hanya bahan baku dan tenaga kerja yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha. Sedangkan faktor modal kerja dan umur perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan usaha UMKM. Hal ini bisa dipahami bahwa permasalahan utama dalam UMKM adalah bahan bakunya. Ada jenis usaha yang bahan bakunya tidak mudah diperoleh di pasar. Oleh karena itu strategi pengembangan usaha UMKM lebih ditekankan pada pemenuhan bahan baku, pemasaran dan produksinya.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:35
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13440

    Actions (login required)

    View Item