Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Menumbuhkan Kepribadian

Suryono, Hassan and Winarno, and Muhtarom, Muh. (2012) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi dalam Menumbuhkan Kepribadian. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Materi ajar Pendidikan Pancasila berdasar data lapangan mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 38/ Dikti/Kep / 2002 tentang Rambu Rambu Pelaksanaan matakuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Materi ajar pendidikan Pancasila berdasar kebutuhan lapangan (mahasiswa dan pakar) 1) Latar belakang Pendidikan Pancasila, 2) Sejarah Pancasila, 3) Pancasila sebagai sistem filsafat, 4) Pancasila sebagai Ideologi, 5) Pancasila sebagai etika politik, 6) Pancasila dalam konteks hukum dan kenegaraan dan 7) Pancasila sebagai paradigma pembangunan. Materi dan pengembangan bahan ajar Pendidikan Pancasila di Perguiruan Tinggi, disusun dengan urutan sebagai berikut (a) Sejarah dan nilai perumusan Pancasila sebagai dasar Negara (b) Pancasila sebagai dasar dan sumber dari segala sumber hukum, (c) Pancasila sebagai nilai ideology, (d) Pancasila sebagai sumber etika, (e) Pancasila sebagai nilai etika politik, (f) Pancasila sebagai nilai etika ekonomi, (g) Pancasila sebagai nilai etika sosial budaya, (h) Pancasila sebagai nilai etika pertahanan keamanan, i) Nilai instrumental dalam mewujudkan etika Pancasila, (j) Tanggung jawab penegakkan pelaksanaan nilai intrumental etika Pancasila.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:32
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13435

    Actions (login required)

    View Item