Peningkatan Ragam Genetik melalui Pemanfaatan Mutagen Kimiawi ke Arah Sifat Infertilitas Biji Salak (Salacca zalacca Gaertner Voss)

Nandariyah, and Parjanto, (2012) Peningkatan Ragam Genetik melalui Pemanfaatan Mutagen Kimiawi ke Arah Sifat Infertilitas Biji Salak (Salacca zalacca Gaertner Voss). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Kata kunci: Ragam genetik, infertilitas, salak Penelitian multi tahun selama tiga tahun. Tujuan jangka panjang penelitian adalah menghasilkan tanaman buah salak tanpa biji (biji infertil). Target tahun pertama adalah mendapatkan peningkatan ragam buah salak kearah infertilitas biji. Target tahun kedua adalah mendapatkan penanda sifat infertilitas biji secara morfologi dan sitologi dan Target tahun ketiga adalah mendapatkan penanda sifat infertilitas biji melalui penanda RAPD. Metode penelitian lapangan (tahun pertama) disusun dalam Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor perlakuan mutagen kimia (kolkisin dan EMS) pada polen bunga jantan salak. Penelitian laboratorium (tahun kedua) meliputi identifikasi morfologi dan sitologi dan penelitian tahun ketiga adalah melakukan identifikai molekuler-RAPD untuk sifat infertilitas biji salak. Hasil penelitian selain ditemukannya tanaman buah tanpa biji juga diharapkan dapat menjadi landasan ilmiah dalam usaha peningkatan ragam genetik tanaman kearah sifat buah tanpa biji pada buahan tropika lain selain salak. Penelitian ini ditargetkan untuk mendapatkan materi yang dapat dijadikan karya ilmiah dalam penyusunan buku-buku ilmiah serta jurnal-jurnal terakreditasi.

    Item Type: Article
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:31
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13433

    Actions (login required)

    View Item