Pengembangan Model Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar

Rukayah, and Riyadi, and Indrastuti, Yenny (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (27Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan prototype model pembelajaran menulis di SD dengan pendekatan whole language yang sesuai dengan kebutuhan guru; (2) mendapatkan tanggapan/masukan dari stakeholders terhadap prototype model pembelajaran menulis yang dikembangkan dengan pendekatan whole language; dan (3) menemukan hasil pengembangan prototype menjadi model pembelajaran menulis dengan pendekatan whole language. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R & D) dengan tahap (1) studi pendahuluan/tahap eksplorasi untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa mengenai pembelajaran menulis di Sekolah Dasar; (2) tahap pengembangan, yaitu meliputi uji coba terbatas dan uji coba lebih luas. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar, dan Kota Surakarta yang terdiri dari 18 SD. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, diskusi, catatan lapangan, analisis dokumen, angket, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah (1) analisis interaktif untuk menganalisis data-data kualitatif; dan (2) deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil dari studi pendahuluan ini adalah prototype model pembelajaran menulis dengan pendekatan whole language di kelas V sekolah dasar, yang meliputi silabus, RPP, dan model penilaian menulis. Hasil pengembangan model pada tahap uji coba terbatas adalah Thit = 5,416 > Ttab = 1,833, yang berarti bahwa pembelajaran menulis dengan pendekatan whole language lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Begitu pula hasil uji coba lebih luas, bahwa hasil Thit = 3,579 > Ttab = 1,74 yang berarti pula bahwa pembelajaran menulis dengan pendekatan whole language lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (yang berpusat pada guru).

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:30
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13430

    Actions (login required)

    View Item