Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Karater di Sekolah Dasar

Riyadi, and Mardiyana, and Rukayah, (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Karater di Sekolah Dasar. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menemukan bentuk prototype model pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter yang sesuai dengan kebutuhan guru di Sekolah Dasar. (2) Mendapatkan masukan dari stakeholders terhadap prototype model pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar; (3) Menemukan model pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter yang tepat/cocok untuk diimplementasikan di Sekolah Dasar; (4) Menemukan hasil uji keefektifan prototype model pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar yang telah dikembangkan. Penelitian ini dibatasi pada “pembelajaran matematika di sekolah dasar” yang akan dilakukan dalam jangka waktu dua tahun. Tahun pertama mencakup tahap studi pendahuluan/eksplorasi dan tahap pengembangan model. Tahun kedua mencakup tahap pengujian model dan tahap diseminasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di wilayah eks karesidenan Surakarta. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif, sedangkan hasil eksperimen dengan teknik t-test. Hasil penelitian pada tahun pertama diuraikan sebagai berikut: 1) Model pembelajaran yang berhasil dikembangkan adalah model kontekstual dengan pendekatan masalah yang sintaksnya mempunyai tujuh fase, 2) Pedoman penilaian karakter (afektif) yang berhasil dikembangkan meliputi sembilan aspek karakter dan dilengkapi dengan indikator-indikator yang cocok untuk dikembangkan pada mata pelajaran di sekolah dasar, dan 3) Berdasarkan uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh hasil: model kontekstual dengan pendekatan masalah dan pedoman penilaian karakter (afektif) dapat diimplementasikan dengan baik di sekolah dasar.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:28
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13424

    Actions (login required)

    View Item