PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN IPA MELEBIHI FAKTA MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM

Diana, Merita (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN IPA MELEBIHI FAKTA MELALUI BUDIDAYA JAMUR TIRAM. Other thesis, SMPN 1 Tanjungraja, Lampung Utara.

[img] PDF - Published Version
Download (289Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan; (1) aktivitas belajar siswa, (2) hasil belajar (kemampuan kognitif) siswa pada materi gerak menggunakan pembelajaran IPA melebihi fakta melalui budi daya Jamur Tiram. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanjungraja, semester genap tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan pada bulan maret hingga bulan april 2011. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) siklus belajar dan setiap siklus dilaksanakan dengan perubahan yang ingin dicapai. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan prosedur sebagai berikut : Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Evaluasi, dan Refleksi. Data yang diperoleh setelah diadakan penelitian ini adalah data berupa Data kualitatif yang terdiri dari : Data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Aktivitas siswa meliputi; (1) Kemampuan siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat, (2) Kemampuan siswa dalam melakukan eksperimen, dan (3) Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Dan Data kuantitatif yang diperoleh dari pemberian tes pada setiap akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini apabila terjadi peningkatan rerata aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian Penerapan model pembelajaran IPA melebihi fakta melalui budi daya Jamur Tiram dapat meningkatkan (1) Rata-rata aktivitas belajar siswa yakni siklus I 41,67, siklus II sebesar 60,13, siklus III sebesar 73,04. (2). Persentase hasil belajar (kemampuan kognitif) yakni siklus I sebesar 47,4%, siklus II sebesar 71,15 %, siklus III sebesar 97,36%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: rangga darmajati
    Date Deposited: 09 Jul 2013 02:39
    Last Modified: 09 Jul 2013 02:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1342

    Actions (login required)

    View Item