TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALITY (STUDI PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALITY PADA PESERTA PT. JAMSOSTEK YOGYAKARTA

YUWONO, ANDRI PRASETYO (2013) TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALITY (STUDI PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALITY PADA PESERTA PT. JAMSOSTEK YOGYAKARTA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (758Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pngaruh Trust in a Brand terhadap Brand Loyality pada peserta PT. Jamsostek Yogyakarta. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana Trust in A Brand yang memiliki 3 faktor, yaitu: Brand Characteristic, Company Characteristic, Consumer Brand Characteristic secara parsial ataupun bersama-sama ber[engaruh terhadap Brand Loyality. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang Komunikasi oleh Wilburn Scramm (dalam Assegaff, 1987), teori tentang Brand Loyality oleh Aaker (1997). penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta PT Jamsostek di wilayah Yogyakarta Kota sebanyak 98 orang responden. Teknik pegambilan sampel adalah Kontinen Sampling, Uma Sekaran (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic (X1), company characteristic (X2), dan consumer brand characteristic (X3) secara bersama-sama mempengaruhi brand layality PT Jamsostek Yogyakarta (Y). besarnya pengaruh variabel trust in a brand tersebut adalah 32.123 dengan tingkat signifikansi 0.000. Sedangkan secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa brand characteristic (X1) secara signifikan berpengaruh erhadap brand loyalty PT Jamsostek Yogyakarta (Y) dengan koefisien sebesar 0.392 dengan tingkat signifikan 0.017, karakteristik ini memang mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan pengambilan keputusan konsumen untuk mempercayai suatu merek. Company characteristic (X2) signifikan berpengaruh terhadap brand loyalty PT. Jamsostek Yogyakarta (Y) dengan koefisien sebesar 0.370 dan tingkat signifikan 0.016, karakteristik ini meliputi reputasi, motivasi perusahaan, dan integritas perusahaan merupakan dasar awal pemahaman konsumen terhadap merek suatu produk. Consumer brand characteristic (X3) signifikan berpengaruh terhadap brand loyalt PT Jamsostek Yogyakarta (Y) dengan koefisien sebesar 0.525 dan tingkat signifikan 0.001. Karakteristik ini meliputi kemiripan antara konsep emosional konsumen dengan kepribadian merek, dan pengalaman terhadap merek.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 03 May 2014 18:56
    Last Modified: 03 May 2014 18:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13417

    Actions (login required)

    View Item