Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Jawa (Studi Kasus di Karaton Surakarta)

Santoso, Sigit (2012) Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup melalui Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Jawa (Studi Kasus di Karaton Surakarta). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Kata kunci : pendidikan lingkungan hidup, kearifan lokal jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui manakah raja-raja Karaton Surakarta Hadiningrat yang dengan tegas menciptakan kearifan lokal yang isinya setara dengan pendidikan lingkungan hidup. 2) Mengetahui bagaimana implementasi dari kearifan lokal ciptaan Paku Buana X yang kaitannya dengan pendidikan lingkungan hidup di wilayah Karaton Surakarta Hadiningrat. 3) Kearifan lokal dan ajaran manakah dari penanggalan raja-raja Karaton Surakarta Hadiningrat yang masih digunakan sebagai pedoman masyarakat Jawa yang kaitannya dengan Pendidikan Lingkungan Hidup. Penelitian ini berjenis Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumen, pencatatan lapangan. Analisis dilakukan dengan interaktif. Simpulannya adalah 1) Raja-raja Karaton Surakarta menciptakan kearifan lokal yang bermuatan Pendidikan Lingkungan Hidup. 2) Implementasi kearifan lokal PB X membuat berbagai macam kegiatan yang bermuatan Pendidikan Lingkungan Hidup. 3) Kearifan lokal yang masih digunakan masyarakat Jawa adalah Tri prasetia, wulangreh, centini, pranoto mongso, pengibaran bendera gula kepala.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:09
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13376

    Actions (login required)

    View Item