Pengembangan Metode CLAD Berbasis ICT terhadap Kemampuan Berbahasa dan Berpikir Kritis Anak Tuna Rungu di Surakarta

Munzayanah, and Munawir, and Indianto, (2012) Pengembangan Metode CLAD Berbasis ICT terhadap Kemampuan Berbahasa dan Berpikir Kritis Anak Tuna Rungu di Surakarta. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode CLAD dengan memanfaatkan media ICT sehingga diperoleh metode baru yang lebih efektif dan efisien, menganalisis pengaruhnya terhadap kemampuan berbahasa dan berpikir kritis anak tuna rungu dan mempublikasikan dalam bentuk seminar, pelatihan, makalah, buku pedoman, proceeding, dan jurnal. Penelitian ini berupa pengembangan suatu metode pembelajaran bagi anak tuna rungu dengan menggunakan metode CLAD berbasis ICT. Tahap I (pertama) penelitian dilakukan untuk menguji metode CLAD ICT sehingga diperoleh prototipe. Selanjutnya, prototipe digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dan berpikir kritis anak tuna rungu. Data penelitian diproses menggunakan two ways anova dengan software SPSS edisi 20 untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih akurat dan dapat dipertanggunjawabkan serta meminimalisir terjadinya human error. Hasil pengujian hipotesis pertama, diperoleh Fhitung: 96,991 > Ftabel:4,020 sehingga perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode CLAD ICT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis kedua, diperoleh Fhitung: 12,704 > Ftabel: 3,168, maka perbedaan kemampuan berbahasa yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode CLAD ICT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya pada Hasil pengujian hipotesis pertama, diperoleh Fhitung: 10,325 > Ftabel: 3,168 sehingga perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode CLAD ICT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 26 Apr 2014 17:09
    Last Modified: 26 Apr 2014 17:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13375

    Actions (login required)

    View Item