INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Kurniawan, Heru Edi (2013) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (503Kb) | Preview

    Abstract

    HERU EDI KURNIAWAN. NIM. S831202026. 2013. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Getaran dan Gelombang. TESIS. Pembimbing I: Dr. H. Sarwanto, M.Si, II: Drs. Cari, M.A, Ph.D. Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Implementasi Permendiknas nomor 41 tahun 2007 adalah pengembangan perangkat pembelajaran dan pemilihan model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Perencanaan pembelajaran yang sistematis dapat dihadirkan dalam susunan perangkat pembelajaran yang saling terpadu dengan yang lainnya sebagai contoh bagi guru untuk merencanakan pembelajaran dengan baik. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Fisika berbasis problem based learning terintegrasi pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII yang berkualitas dan mengetahui pencapaian hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Produk penelitian pengembangan ini adalah silabus, RPP, modul, dan lembar penilaian kognitif, afektif, serta psikomotor yang tercetak dan media pembelajaran animasi yang termuat dalam CD. Sampel pengembangan meliputi sampel validasi produk sejumlah 9 validator, sampel uji coba terbatas sejumlah 8 siswa, dan sampel uji coba diperluas sejumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi silabus, RPP, lembar observasi sekolah, keterlaksanaan pembelajaran, karakteristik siswa, angket respon siswa, penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif. Uji coba diperluas dengan one group pretest-posttest design. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji t dua sampel berpasangan menggunakan program SPSS Statistik 18, data hasil belajar psikomotorik dan afektif siswa dianalisis dengan melihat rata-rata pencapaian setiap aspek penilaian. Kesimpulan penelitian pengembangan adalah: (1) pengembangan perangkat pembelajaran IPA Fisika SMP berbasis problem based learning terintegrasi pendidikan karakter dapat dilakukan menggunakan beberapa metode Research and Development salah satunya oleh Borg & Gall yang dimodifikasi dengan membatasi langkah penelitian yang dapat menghasilkan suatu produk yang divalidasi dan diuji coba, (2) kualitas produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan, dan (3) pencapaian hasil belajar secara kognitif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran mengalami peningkatan, aspek indikator psikomotor tertinggi adalah mengecek alat bahan di laboratorium dan membawa perlengkapan belajar, serta aspek karakter yang paling tinggi adalah jujur, rasa ingin tahu, disiplin, dan kerja keras.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nisaa Adlia Adani
    Date Deposited: 26 Apr 2014 16:53
    Last Modified: 26 Apr 2014 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13359

    Actions (login required)

    View Item