PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS X MAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2012/2013

SUMASNI, RIRIN SRI (2012) PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS X MAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (467Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X MAN Sukoharjo dengan menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan alat bantu pembelajaran pada siswa MAN Sukoharjo Tahun 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian ini siswa kelas X MAN Sukoharjo tahun 2012/2013 berjulah 22 orang yang terdiri atas 10 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar serta unjuk kerja lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dari pra siklus ke siklus I dalam pertemuan I ke pertemuan II. Hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I pertemuan I dalam kategori tuntas adalah 59.08% atau 13 siswa. Pada pertemuan II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 72.27 % atau 17 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meninkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas X MAN Sukoharjo Tahun 2012/2013. Kata Kunci : hasil belajar lompat jauh gaya jongkok, alat bantu pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 13:39
    Last Modified: 26 Apr 2014 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13334

    Actions (login required)

    View Item