PERAN PARTAI POLITIK DALAM REKRUTMEN CALON ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) SEBAGAI PERWUJUDAN DEMOKRASI DI KABUPATEN SUKOHARJO

HAPSARI, NOVIA PUTRI (2013) PERAN PARTAI POLITIK DALAM REKRUTMEN CALON ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) SEBAGAI PERWUJUDAN DEMOKRASI DI KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (425Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran partai politik dalam proses rekrutmen calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai bentuk perwujudan demokrasi di Kabupaten Sukoharjo saat Pemilihan Umum Legislatif 2009 serta hambatan-hambatan yang dihadapi dan solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini mengambil sample lima partai politik besar di Kabupaten Sukoharjo yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif, dimana penulis berkeinginan untuk memberikan gambaran maupun pemaparan mengenai obyek penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan adalah wawancara langsung dengan pihak terkait yang diteliti. Sumber data sekunder yang digunakan adalah bahan-bahan kepustakaan, peraturan perundang-undangan, jurnal, artikel dan bahan dari internet serta sumber lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan dengan langsung menuju ke obyek penelitian dan studi kepustakaan untuk memperoleh landasan teori yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa proses rekrutmen calon anggota DPRD oleh lima partai politik yang menjadi obyek penelitian saat Pemilihan Umum Legislatif 2009 di Kabupaten Sukoharjo terlaksana dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan peraturan organisasi partai, selain itu juga sudah mencerminkan perwujudan demokrasi yang baik. Masing-masing partai politik juga telah berperan penting dalam mengupayakan para kadernya agar terpilih menjadi anggota DPRD dengan memaksimalkan fungsi-fungsinya sesuai dengan Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2008 jo Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik. Namun, saat telah terpilih menjadi anggota legislatif, kurang dapat mewakili rakyat, untuk itu harus lebih selektif lagi dalam proses rekrutmennya. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh lima partai politik di Kabupaten Sukoharjo saat rekrutmen calon anggota DPRD, antara lain ada yang terkait masalah modal, tingkat kepercayaan yang kurang dari masyarakat, kecemburuan sosial, pasang surut angka rekrutmen, serta penyatuan waktu mengikuti pembinaan. Solusi untuk mengatasinya antara lain dengan cara rapat internal partai, sosialisasi program dan visi misi, serta memberikan bantuan modal. Kata Kunci : Partai Politik, Proses Rekrutmen, Calon Anggota DPRD, Perwujudan Demokrasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 12:52
    Last Modified: 26 Apr 2014 12:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13313

    Actions (login required)

    View Item