KETERKAITAN ANTARA PENGALAMAN MEMBELI, KEHADIRAN SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN DENGAN NIAT MEMBELI DALAM TRANSAKSI ONLINE (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)

PRASODJO, REGINA FEBRIYANI (2013) KETERKAITAN ANTARA PENGALAMAN MEMBELI, KEHADIRAN SOSIAL, DAN KEPERCAYAAN DENGAN NIAT MEMBELI DALAM TRANSAKSI ONLINE (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (425Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh pengalaman membeli terhadap kehadiran sosial, pengaruh pengalaman membeli terhadap kepercayaan, pengaruh kehadiran sosial terhadap kepercayaan, pengaruh pengalaman membeli terhadap niat memheli, pengaruh kehadiran sosial terhadap niat membeli, dan mengetahui pengaruh trust terhadap niat membeli. Sampel penelitian ini adalah sebagian mahasiswa S1 reguler angkatan 2008/2009 s/d 2010/2011 Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berniat melakukan pembelian ulang pada online shop sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampel dengan purposive judgement sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang mengkombinasikan aspek regresi berganda dan analisis faktor untuk mengestimasi serangkaian hubungan ketergantungan secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman membeli terhadap kehadiran sosial pada mahasiswa yang telah melakukan transaksi online; 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengalaman membeli terhadap kepercayaan pada mahasiswa yang telah melakukan transaksi online; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kehadiran sosial terhadap kepercayaan pada mahasiswa yang telah melakukan transaksi online; 4) Terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara pengalaman membeli terhadap niat membeli pada mahasiswa yang telah melakukan transaksi online; 5) Terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan antara kehadiran sosial terhadap niat membeli pada mahasiswa yang telah melakukan transaksi online; 6) Terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara pengalaman membeli terhadap kepercayaan pada mahasiswa yang telah melakukan transaksi online. Kata Kunci : Pengalaman membeli, kehadiran sosial, kepercayaan, niat membeli.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 12:31
    Last Modified: 26 Apr 2014 12:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13304

    Actions (login required)

    View Item