PENERAPAN STRATEGI PROMOSI KANTOR PEGADAIAN NUSUKAN SURAKARTA

Utomo, Sofyan Prayudi (2013) PENERAPAN STRATEGI PROMOSI KANTOR PEGADAIAN NUSUKAN SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (427Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang tepat dalam menghadapi persaingan pegadaian pada Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi promosi pada Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengambil objek penelitian di Kantor Pegadaian Nusukan Surakarta yang beralamat di Jalan Majapahit Utama No. 32 Nusukan Surakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kepustakaan. Penerapan strategi promosi pada Kantor Pegadaian Nusukan ini adalah melihat dari faktor eksternal maupun internal, maka kantor pegadaian nusukan Surakarta menggunakan strategi pemasaran yang bertitik pada kualitas pelayanan terhadap konsumen dan personal selling. Dalam mengaplikasikan strategi pemasaran, kantor pegadaian nusukan Surakarta mempunyai kendala-kendala yaitu : 1) Tidak ada tenaga pemasaran yang secara khusus, 2) Tingkat pendidikan masyarakat yang rendah. Problematika yang dihadapi kantor pegadaian nusukan Surakarta adalah berasal dari faktor ektern yaitu Kantor Pegadaian Cabang Nusukan Solo dirasa kurang menggunakan pola promosi untuk mengenalkan produk-produknya, walaupun mempunyai keunggulan-keunggulan tertentu dalam produknya tersebut. Faktor intern yaitu Di perusahaan ini kurang ada pembagian kerja yang jelas karena tiap waktu bisa berubah tergantung intruksi dari pimpinan perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan yaitu: 1) strategi pemasaran yang digunakan oleh Kantor Pegadaian Cabang Nusukan Solo selama ini yaitu menggunakan strategi pemasaran personal selling dan kualitas pelayanan yang baik dengan sistem promosi melalui penyebaran brosur kepada masyarakat. Strategi promosi personal selling tersebut bisa dikatakan efektif dan sukses di karenakan Kantor Pegadaian Cabang Nusukan Solo sudah mempunyai pangsa pasar yang jelas, 2) dua kendala yang dialami oleh perusahaan yaitu tidak adanya tenaga pemasaran yang jelas dalam memegang masalah marketing dan tidak jelasnya pembagian tugas dan wewenang di setiap bagian. Kata kunci : Strategi Promosi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 12:35
    Last Modified: 26 Apr 2014 12:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13303

    Actions (login required)

    View Item