ANALISIS DAMPAK PERUBAHAN UNDANG-UNDANG PPH BADAN TAHUN 2008 DAN PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, TINGKAT HUTANG TERHADAP MANAJEMEN LABA

MEGANTORO, ANGGA WAHYU (2013) ANALISIS DAMPAK PERUBAHAN UNDANG-UNDANG PPH BADAN TAHUN 2008 DAN PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, TINGKAT HUTANG TERHADAP MANAJEMEN LABA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (402Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada tindakan manajemen laba yang dilakukan perusahaan dengan cara merendahkan nilai laba pada tahun 2008 dan 2009 sebagai respon diberlakukannya penurunan tarif pajak PPh Badan 2008. Dan juga untuk meneliti pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan tingkat hutang terhadap manajemen laba. Penelitian ini menguji perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode Februari 2008-2010. Sampel dari penelitian ini menggunakan 38 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedasitas. Untuk menganalisis dampak perubahan undangundang dan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan penilaian hipotesis dengan menggunakan T-test, nilai F, nilai t dan koefisien determinasi (R2). Data dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan progam software Statistical Package for Social Sciences (SPSS) for Windows Version 17. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa perubahan Undang-Undang PPh Badan tahun 2008 tidak direspon oleh perusahaan dengan melakukan manajemen laba dan hanya tingkat hutang yang berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perusahaan tidak menunda pelaporan laba untuk menghemat pajak dan semakin tinggi nilai tingkat hutang sebuah perusahaan, maka semakin tinggi tingkat manajemen laba sebuah perusahaan. Kata kunci: UU PPh Badan 2008, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Tingkat Hutang, Manajemen Laba.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 26 Apr 2014 12:16
    Last Modified: 26 Apr 2014 12:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/13300

    Actions (login required)

    View Item